Tanda-Tanda Akan Terjadi Gempa Bumi
satujam.com

Tanda gempa bumi – Gempar bumi adalah sebuah fenomena alam yang terjadi secara terus menerus namun hanya saja kita manusia baru merasakan gerakan gempa apabila ia terjadi pada permukaan bumi. Para ahli mengatakan bahwa gempa bumi bisa terjadi dimana saja dan seluruh permukaan bumi bisa terjadi gempa, namun daerah yang cukup sering dan rawan gempa tidak menyeluruh permukaan bumi, hanya beberapa daerah saja yang cukup rawan dan cukup sering terjadi gempa.

Indonesia sendiri termasuk negara rawan gempa, beberapa titik dan daerah di Indonesia yang cukup rawan terjadi gempa adalah Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bengkulu, Jawa Barat, Lampung, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Sulawesi, Jawa Timur, Kepulauan Maluku dan Papua.

Jika gempa itu muncul pada permukaan bumi maka permukaan bumi akan bergetar yang bisa menyebabkan kerusakan mulai dari ringan hingga parah sesuai dengan pergerakan gempa itu sendiri. Bukan hanya korban mata benda, namun banyak manusia juga bisa kehilangan nyawa akibat gempa seperti yang terjadi di Aceh tahun 2004 lalu.

Tanda Terjadi Gempa Bumi

Namun demikian, sebelum terjadi gempa ada tanda-tanda yang biasanya terjadi sebagai isyarat bahwa gempa akan terjadi. Namun tanda-tanda ini juga tidak lazim menyebabkan gempa. Setidaknya kita sudah bisa mewaspadai sehingga kita bisa menjauhi bangunan, dan tempat-tempat yang berpotensi rusak.

Ok, langsung saja kita simak tanda-tanda gempa bumi, khususnya bagi kamu yang berada di daerah dengan frekuensi rapat terjadi gempa seperti yang sudah kita sebutkan tadi, untuk bisa melihat tanda-tanda akan terjadi gempa ini. Berikut tanda-tanda yang bisa terjadi.

1. Muncul awan gempa

awan gempa, tanda akan terjadi gempa
satujam.com

Awan bisa menjadi salah satu pertanda akan terjadi gempa, namun awan yang seperti apa, bagaimana bentuknya? Awan yang menjadi tanda gempa adalah awan yang bentuknya seperti batang pohon, berdiri, berbentuk seperti angin puting beliung atau berdiri lurus.

Awan aneh atau berbentuk angin puting beliung ini terjadi akibat beberapa hal dan salah satunya di sebabkan oleh adanya gelombang elektromagnetik dari dasar bumi akibat terjadinya patahan bumi, atau adanya pergeseran lempengan bumi. Akibatnya muncul kekuatan besar dai bumi dari gelombang elektromagnetik yang menyebabkan daya listrik yang ada dalam awan di serap ke bumi sehingga bentuk awannya seperti pohon yang berdiri tegak.

Tetapi yang perlu di ketahui bahwa ketika kamu melihat ada awan seperti itu belum tentu itu akibat dari gelombang elektromagnetik, karena bisa saja awan itu terbentuk karena faktor-faktor lain seperti angin dan lain-lain.

2. Munculnya keanehan pada beberapa benda elektronik yang kamu gunakan

Tanda ini bisa menjadi tambahan informasi untuk memperkuat anggapan bahwa awan gempa tadi adalah tanda gempa. Biasanya, awan gempa itu muncul seminggu sebelum gempa terjadi, maka kita bisa melihat tanda-tanda lain disamping melihat awan itu, perhatikan apakah ada tambahan tanda seperti benda elektronik yang berlaku aneh. Maksudnya benda-benda elektronik kadang juga mengalami gangguan yang tidak terjadi sebelumnya.

Gangguan pada benda elektronik ini bisa berupa munculnya suara “brebet-brebet” di Tv, juga lampu neon yang tetap menyala remang-remang walau sudah di matikan. nah, jika setelah beberapa waktu dari muncul awan gempa muncul tanda-tanda seperti ini, maka kemungkinan besar bahwa awan gempa yang kita lihat beberapa waktu lalu benar sebagai tanda gempa.

Baca juga: Efek Rumah Kaca: Pengertian, Penyebab

3. Hewan di sekeliling kamu berkelakuan tidak biasa, gelisah atau menghilang.

hal seperti ini sering terjadi dan biasa kita saksikan di lingkungan kita namun penyebabnya kadang beragam bisa berupa pemanasan global, akan muncul gempa, atau tanda lainnya.

Jadi, jika kamu memelihara binatang dan suatu waktu melihat tingkah laku mereka aneh seperti merasa gelisah tanpa sebab apa-apa atau berlari-lari tanpa sebab yang lahir secara nyata, maka kamu perlu waspada dengan hal ini karena bisa saja ini adalah tanda akan gempa bumi.

Kenapa tingkah laku hewan berubah, kebanyakan hewan bisa merasakan adanya gelombang elektromagnetik yang kuat (dengan indra ke enam), maka mereka berlarian atau mengamuk karena ingin menyelamatkan dirinya.

4. Keluarnya Cahaya Gempa

cahaya gempa, tanda terjadi gempa
satujam.com

Salah satu tanda akan terjadi gempa bumi adalah munculnya cahaya gempa. Memang tanda ini sangat jarang terjadi dan jika memang muncul, ini menandakan gempa besar akan terjadi. Cahaya gempa biasanya hanya muncul sekilas saja sehingga banyak orang menganggap ini adalah pesawat UFO atau alien yang melintas.

Maka, jika kamu mendengar atau banyak yang bergosip tentang adanya cahaya terang melintas secara misteri, waspadalah karena jadi itu adalah tanda akan munculnya gempa. Coba perhatikan tanda-tanda lainnya apakah terjadi secara bersamaan seperti kelakuan binatang atau awan gempa seperti tadi.

5. Gempa kecil, isyarat akan terjadi gempa yang lebih besar

gempa kecil tanda gempa besar
katadata.co.id

Gempa kecil juga bisa menjadi tanda atau isyarat akan ada gempa yang lebih besar lagi. Jika kamu berada di daerah yang rawan gempa seperti Aceh, sumatra dan lain-lain, dan kamu merasakan adanya getaran gempa kecil atau ringan, waspadalah karena bisa saja ini hanyalah awal gempa, yang berarti akan ada gempa lagi yang lebih besar.

Baca juga: 45 Gunung Tertinggi di Indonesia

Tetapi ini juga tidak lazim karena banyak gempa ringan yang terjadi namun tidak di ikuti oleh gempa yang lebih besar.

Demikianlah tanda-tanda akan terjadi gempa semoga menambahkan ilmu pengetahuan kita tentang alam tempat tinggal kita. Kita tetap percaya bahwa segala sesuatu itu terjadi dengan kehendak Allah. Jadi, yang kita jelaskan di atas hanya tanda-tanda saja yang bisa salah di kenyataan nyata. Akhirnya, kita berlindung kepada Allah SWT tentang musibah-musibah baik dunia maupun akhirat.