Waduk Jatiluhur, tempat wisata Purwakarta
backpackerjakarta.com

Purwakarta baru baru ini hangat di bincangkan karena munculnya beberapa tempat wisata terbaru yang indah dan menarik untuk di kunjungi. Diantara tempat menarik tersebut adalah giri tirta kahuripan, hotel gantung gunung parang, hidden valley hills, hingga Sky lodge tertinggi di dunia. Bagaimana, sungguh menarik bukan!

Purwakarta dari sisi topografi adalah daerah dengan pebukitan-perbukitan sehingga daerah tersebut memiliki banyak pemandangan indah yang layak di kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Jika anda tidak suka memanjat tebing atau gunung tertinggi di Indonesia, kamu bisa memilih puwakarta sebagai destinasi wisata kamu.

Berikut beberapa destinasi wisata terindah dan terbaru di kota Purwakarta, semoga akhir pekan kamu meyenangkang.

23 Tempat Wisata Purwakarta

1. Hidden Valleyhills Purwakarta

Hidden Valleyhills purwakarta
credit: wisatatempatku.com Wisata Purwakarta

Hidden Valleyhills adalah salah satu tujuan wisata yang ramai di kunjungi wisatawan. Ini adalah sebuah tempat baru yang hingga kini belum rampung 100% namun sudah banyak yang datang, didalam Hidden Valleyhills dibangun Villa, skypool dan juga resort. Banyak pendatang ketempat ini untuk mengambil photo atau berswafoto semata karena keindahan dan keunikan tempat ini.

Memang benar, di tempat ini ada beberapa titik yang cukup bagus sebagai tempat untuk berswafoto dan jika di abadikan bisa menjadi kenangan indah di masa depan. Daerah ini memiliki pemandangan indah seperti gunung lembu, gunung parang dan gunung cupu hingga bendungan jati luhur. Semuanya cantik dan indah untuk kunjungi dan berfoto ria. Udaranya juga sepoi-sepoi sehingga membuat banyak pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

2. Bukit Katumbiri Purwakarta

Bukit Katumbiri Purwakarta
credit: explorewisata.com, tempat wisata puwakarta

Bukit katumbir artinya bukit pelangi, katumbir berasal dari bahasa sunda yang artinya pelangi. Jadi, ini adalah destinasi wisata indah dan termasuk yang terbaru karena pembuatannya baru tahun 2018 kemaren. Jika anda bermain ke atas bukit katumbiri, anda akan melihat pemandangan indah dari atas bukit, diantaranya perbukitan hijau, dan masih memiliki udara segar sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama.

Di bukit katumbiri ada beberapa titik bidikan foto yang bisa menghasilkan foto yang bagus. Diantaranya adalah gardu pandang, jembatan dan rumah pohon.

3. Waterpark Kuya Maranggi

Waterpark Kuya Maranggi
kuyamaranggiwaterpark.blogspot.com, destinasi wisata puwakarta

Waterpark Kuya Maranggi adalah destinasi wisata purwakarta yang terkenal baru-baru ini, jika anda suka traveling mungkin destinasi wisata ini cocok untuk anda sekeluarga.

Waterpark ini memiliki desain yang unik dimana jika di lihat dari atas maka kolam ini akan terlihat seperti bentuk kura-kura. Diantara fasilitas yang disediakan adalah kolam renang seperti kolam untuk balita, kolam untuk anak-anak dan dewasa.

Tempat wisata ini juga di lengkapi dengan perahu kuya, seluncuran spiral dan pelangi, ember tumpah, hingga jembatan selfie yang menjadi salah satu spot terbaik untuk berfoto ria.

Bagi kamu yang suka dengan suasana desa bercampur kota, wahana air purwakarta ini bisa menjadi pilihan terbaik, pasalnya tempat ini memang didesain untuk menghadirkan suasana desa namun tetap ceria dengan sisi perkotaannya. Kuya Maranggi, Purwakarta Jawa Barat ini memiliki luas 5000m2, ini menjadi tempat terbaik untuk melepaskan penat anda sekeluarga.

4. Urban Farming

Urban Farming wisata purwakarta
travelspromo.com

Selanjutnya, tempat wisata purwakarta adalah urban farming. Urban Farming Purwakarta adalah sebuah tempat wisata terbaru yang menghadirkan sisi pertanian terutama perkebunan. Disini kami bisa menikmati pemandangan indah seperti sederetan rumah-rumah petani ala Eropa dengan cat mencolok dan taanaman gantung didepan rumah. Ini benar-benar membuat kamu seakan sedang berada di Eropa.

Selain rumah petani bergaya Eropa, kamu juga bisa menikmati perkebunan sambil belajar tentang tanaman-tanaman. Kamu yang cinta bercocok tanam bisa membeli benih beragam tanaman dan sayuran. Bagi pecinta kebun, ini adalah destinasi sempurna akhir pekan. Bagi pegiat Instagram tidak jika kamua mencoba hunting photo terbaik kamu di sini dengan background gaya ala Eropa.

5. Cikao Park Purwakarta

Cikao Park Purwakarta
wisatakaka.com

Ini juga lokasi wisata terindah di purwakarta yang tidak boleh kamu lewati. Cikao Park akan memberi kesan seperti oase di tengah gurun, jadi wajar saja setiap akhir pekan oase ini selalu ramai dikunjungi, baik wisatawan daerah atau lokal. Di Cikao Park tidak hanya menawarkan keindahan tempatnya namun juga ada banyak permainan edukasi yangn bisa kamu ikuti.

Diantara lokasi yang luarbiasa ini adalah waterpark bbernuansa alam dan pantai, taman satwa dengan aneka koleksi, minizoo, gazebo, birdpark, area bermain, bahkan lampion garden. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam ini kamu bisa datang ke Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purawakarta.

6. Curug Cipurut Purwakarta

Curug Cipurut Purwakarta
detiknews

Curug Cipurut adalah destinasi lain yang ada di Purwakarta, tempat indah ini berada tepat diatas gunung Burangrang. Suasananya asri dan nyaman karena belum tersentuh pembangunan apapun karena ini adalah cagar alam yang harus tetap di jaga keaslian dan kealamiannya.

Bagi kamu yang suka menikmati alam Curug Cipurut, kami harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari perkampungan hingga melewati area perkebunan teh. Setidaknya ada tiga curug yang menampilkan keindahan ini.

Curug utama: Ini berada di ujung tebing dengan ketinggian sekitar 25 hingga 30 meter. Ini menjadi tempat utama untuk berpoti ria bagi pengunjung dengan disertai percikan air terjunnya.

Sementara dua curug lain menjadi spot untuk berswafoto karena areanya lebih landai dibandingkan dengan yang pertama. Selain berwisata air, pengunjung juga banyak yang berkemah disekitartempat ini. Lokasinya adalah Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia.

7. Curug Tilu Purwakarta

Curug Tilu adalah destinasi wisata Purwakarta lainnya yang masih menampakkan keindahan alamnya yang masih perawan karena belum terjamahkan tangan manusia. Pada curug utama pengunjung akan bertemu keindahan alam hijau dan memberikan kesan luarbiasa dengan kontur batu-batu gunung.

Keunikan lain adalah warna airnya yang hijau bersih seperti air yang ada di Grand Canyon Pangandaran. Destinasi wisata ini cocok bagi kamu yang suka berenang, jika tidak bisa berenang ada pelampung yang bisa di sewakan sehingga memudah anda berenang. Ini sungguh menyenangkan, lokasinya tepat di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

8. Desa Sejuta Batu Purwakarta

Desa sejuta batu, demikian namanya karena didesa ini terdapat banyak bebatuan mulai dari yang kecil hingga yang terbesar sehingga menjadi objek wisata dengan pesona tersendiri yang tak anda temukan di tempat lain. Dewsa ini menawarkan keidahan alam yang asri dengan tetap mempertahankan budaya lokal. Beberapa hal yang bisa anda dapatkan disini adalah rekriasi, kuliner, hingga cagar budaya.

Sebelum booming sebagai destinasi wisata, tempat ini sering di jadikan sebagai arena panjat tebing. Namuns ekarang anda bisa melakukan apa saja disini. Diantara hal yang menyenangkan yang bisa kamu dapatkan disini adalah Rock Climbing, flying fox, pendakian gunung, memancing, berkemah bahkan hingga olahraga offroad. Lokasinya tepat di Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

9. Tanjakan Cinta Purwakarta

Tanjakan Cinta Purwakarta adalah objek wisata terbaru yang belum lama di buka. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan purwakarta, mungkin ini termasuk salah satu tempat yang ingin kamu kunjungi. Dengan ahrga murha meriah yaitu 5000 kamu bisa menikmati aneka tempat indah di sini.

Taka hanya itu saja, namun di tempat inijuuga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dengan harga standar di tempat lain, jadi ini tidak terbebani pengunjung sama sekali. Tak hanya menikmati pemandangan dan aneka jaja makanan namun kamu bisa menemukan spot foto yang bisa kamu masukkan ke instagram kamu. Tempat wsiata ini terhadap di Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kebupaten Purwakarta.

10. Gunung lembu Purwakarta

Gunung lembu adalah destinasi wisata purwakarta yang penuh dengan petualngan. Kenapa? Karena medan menuju ke gunung ini sangat sulit sehingga banyak bule mengatakan rute ke gunung lembu sulit di jangkau. Namun demikian semua rasa susah ini akan terbayarkan manakala kamu berada di atas puncak gunung lembu.

Jika kamu berkunjung di waktu sore, kau bisa menikmati keindahan alam di skitarnya sembari menanti terbenamnya sunset. Sementara malam hari kamu bisa menikmati keindahan desa di bawah gunung dengan lampu-lampu yang menyinari desa di Purwakarta.

Selain itu, keindahan waduk jati luhur terlihat jelas di atas puncak gunung lembu dengan ketinggian 792 mdpl. Ini memberikan keindahan luarbiasa sehingga banyak menjadikan momen ini untuk berswafoto dengan keidahan waduk di bawah gunung. Lokasi gunung lembu terletak di Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

11. Gunung Parang Purwakarta

Gunung Parang, tempat wisata Purwakarta
superadventure.co.id

Satu lagi gunung unik di purwakarta dan letaknya juga dekat dengan gunung lembu, ini adalah gunung parang. Dengan mendaki gunung parang kamu bisa melihat keindahan alam purwakarta dengan sejelas-jelasnya bahkan jika momennya bagus dan susana bersahabat kamu bisa menikmati sunset yang luarbiasa indah.

Bagi pengunjung gunung parang, kamu bisa menikmati dengan santai di atas hammock, abseiling atau rappeling dengan pemandangan luarbiasa. Masih ada momen lain yang luarbiasa bagi kamu, kamu bisa menikmati panjat tebing dengan aman disini dambil menikmati keindahan di bawahnya. Lokasi destinasi gunung parang adalah Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

12. Gunung Bangkok Purwakarta

Gunung Bangkok adalah tempat wisata lainnya yang menawarkan keidahan pemandangan. Anda bisa menikmati keindahan matahair terbit (sunrise) di atas ketinggian sehingga penampakan mataharinya sangat indah dikala terbit. Mendaki guung ini juga tidak terlalu sulit, bukan hanya medannya yang mudah namun juga ketinggian gunung 1000 mdpl terasa maudah di jangkau. Keindahan alam akan semakin sempurna jika di nikmati di atas batu datar atau puncak batu tumpuk.

Untuk mendapatkan jepretan terbaik, disana ada gardu pandang yang bisa kamu maanfaatkan sehingga menghasilkan photo yang instagramable. Lokasinya masih di Purwakarta atau tepatnya di Cisarua, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

13. Mata Air Cijanun Purwakarta

Satu lagi destinasi wisata lokal yang menarik banyak pengunjung. Ini adalah Mata Air Cijanun yang sangat bagus untuk pemandian. Air segar alami dengan pemandangan disekitarnya yang luarbiasa, bukit bukit hijau, bebatuan dan udara segar menambah fresh rasa menyelami mata air ini.

Untuk yang suka hunting foto, disini kamu juga bisa menagmbil momen terbaik dengan berlatarbelakang gunung hijau sambil main air. Jangan lupa untuk mengabadikan semua momen seru kamu dengan keluarga tersayang. Lokasi Purwakartanya adalah Kampung Cijanun Lembangsari, Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong.

14. The Colorville at Alam Sari Wates

Ini adalah objek wisata yang sedang hit di purwakarta, berbagai wahana permainan dan fasilitas seru bisa kamu dapatkan di tempat wisata ini. Kamu bisa bermain rumah pohon, kolam renang, ATV, berswafoto dan flying fox. Disini juga ada upsidedown room layaknya di luar negeri seperti Amerika. Ini tentu akan memberikan pengalaman seru bagi kamu bersama keluarga.

Lokasi Colorville at Alam Sari Wates adalah di Jl. Raya Darangdan KM. 21, Sawit, Darangdan, Purwakarta Jawa Barat.

15. Pasir Langlang Panyawangan

Tempat ini menyguhkan ketenangan, keheningan dan kesegaran udara alami bumi kita. Kamu pasti betah berlama-lama disini sambil menghabiskan akhir pekan kamu bersama orang tersayang.

Lokasi wisatanya penuh dengan hutan pinus yang asri. Model wisata terbaru dengan hutan hutan seperti ini sedang hit sekarang termasuk yang di Purwakarta ini. Kamu bisa bersantai sambil makan, membaca, menjelajah goa Jepang, dan menelusuri hutan pinus.

Selain itu, kamu bisa mengisi kegiatan akhir pekan kamu dengan camping, trekking atau sekedar berburu spot foto terbaik untuk di publish di instagram.

16. Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa adalah situs wisata unik dengan danau yang berada di ketinggian 600 mdpl. Di tengah danau ini ada sebuah pulau yang didalamnya ada makam RA. Suriawinata, pendiri Purwakarta atau bupati Purwakarta ke 9.

Keindahannya tidak berhenti disitu, kamu bisa mengelilingi danau dengan mengendarai perahu bebek, menikmati pesodan danau di ketinggian 600 mdpl bahkan kamu bisa memancing dan bermain air.

17. Bukit Panenjoan

Bukti Panenjoan adalah salah satu destinasi wisata yang sangat instagenic dan menyihir banyak pengunjungnya. Anda bisa melakukan jepretan dengan aneka pemandangan indah. Diantara pemandangan sebagai latar belakang photo kamu adalah gunung, perkebunan, bukit dan danau Juanda Jatiluhur.

Ada juga jembatan indah dari bambu di atas pebukitan, lengkap sudah tempat ini menghadirkan suasana pedesaan di purwakarta. Di tempat tempat peristirahatan terdapat saung-saung khas sunda yang membuat tempat ini semakin teras desanya.

18. Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk Jatiluhur Purwakarta
backpackerjakarta.com, keindahan wisata purwakarta waduk jati luhur

Ini bukan lautan dan bukan juga danau tetapi waduk. Ini adalah waduk jati luhur yang terkenal dengan waduk terbesar di Indonesia. Waduk ini bisa menjadi tujuan wisata indah anda bersama keluarga di akhir pekan.

Anda bisa menikmati ketenangan air disertai dengan rindangnya pohon pohon yang berjejer di samping waduk di tambah angin sepoi-sepoi membuat anda santai dan rilek melepaskan penat setelah bekerja. Waduk yang tak seluas danau ini bisa kamu kelilingi dengan menyewa perahu sehingga pemandangan sekitarnya semakin sempurna kamu nikmati. Lokasinya adalah Jl. Waduk Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, purwakarta jawa barat.

19. Jatiluhur Water World

Ini adalah objek wisata jawa barat dengan berbagai wahana permainan air didalamnya. Ada 4 jenis kolam renang mulai anak-anak hingga kolam orang dewasa bisa kamu coba di tempat ini. Permainan lain yang menantang untuk kamu coba adalah Water Slide yang berada pada ketinggian 7-11 meter, dan seluncuran dengan rute terjauh yaitu 43 meter, dan ada juga permainan Jet Sky untuk kamu yang suka permainan bergaya luar negeri.

Takhanya mandi dikolam renang, atau berbagai wahana permainan saja, namun disini juga menawarkan indahnya pemandangan alam di sekitar lokasi yang membuat suasana menjadi adem dantentu bagus untuk berfotoria. Tempat ini berlokasi di Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, dan Kabupaten Purwakarta.

20. Giri Tirta Kahuripan Purwakarta

Skypool Giri Tirta Kahuripan adalah tempat menikmati keindahan alam seperti sedang berada di negeri di atas awan. Tempat ini termasuk agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan yang didalamnya lengkap disediakan hotel, restoran dan aneka tempat beraktivitas.

Kamu bisa mandi di kolam-kolam buatan dengan ketinggian 500mdpl dengan kesejukan dan kesegaran udaranya. Tentu sensasi berwisata di sini sangat mengesankan.

21. Desa Wisata Tajur Purwakarta

Salah satu tempat wisata purwakarta adalah desa tajur. Desa ini menjadi tempat wisata bagi kamu yang suka dengan suasana pedesaan asli dan ingin merasakan ke nyamanan dan kedaimaian tinggal di desa. Kamu bisa menemukan kekayaan alam, kearifann lokal dan lain-lain yang bernilai disini.

Di desa ini kamu bisa tinggal di homestay dan bisa mengikuti berbagai kegiatan masyarakat setempat seperti berkebun, membajak sawah, beternak dll. Bagaimana, suka?

22. Saung Manglid Purwakarta

Ini adalah tempat makan di puwakarta dengan lokasi tanah dataran tinggi. Tempat makan ini berada di antara sayuran, tanaman hias bahkan ada kolam ikannya yang menemani keindahan liburan anda.

Saung Manglid dengan konsep yang di usungnya ini selalu menjadi perbincangan hit di media sisial, dan biasanya mereka akan berakhir di meja makan dataran tiggi ini. Kamu bisa merasakan aneka makanan dengan harga murah serta bisa menikmati tempat makan tradisonalnya yang di anyam dengan bambu. Lokasinya adalah di Parakanceuri, Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

23. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman air mancur Sri Baduga, merupakan objek wisata purwakarta unik yang mesti kamu datangi. Tata pengaturan air mancurnya yang keren, dengan sentuhan teknologi air mancur serta di rancang dengan berbagai atraksi air membuat banyak pengunjung ingin berlama-lama mengambil foto atau selfie.

Untuk yang suka berswafoto, kamu bisa mengambil poto dari berbagai sudut untuk mendapatkan hasil yang instagramable. Lokasinya adalah di Situ Buleud, Negeri Kidul, Kecamatan Purwakarta Jawa Barat Indonesia.

Itulah 23 tempat wisata menarik dan perlu kamu kunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Semoga menambah daftar wisata kamu bulan ini.