Wedang Uwuh, Peluang Usaha dan Resepnya

Salah satu bentuk usaha yang profitable adalah wedang uwuh, minuman herbal alami

resep wedang uwuh, ide bisnis

Wedang uwuh – Memulai usaha bisnis bisa dalam bentuk apa saja yang penting halal. Sangat banyak sekali bentuk usaha yang bisa di jalankan, tinggal pilih yang sesuai dengan Kita dan yang mampu di jalankan. Salah satu bentuk usaha dan bisnis rumahan yang mudah di jalankan adalah membuat minuman tradisional wedang uwuh. Ini adalah bentuk usaha baru yang sangat menjanjikan, rasa yang khas dan manfaat wedang uwuh untuk kesehatan yang luar biasa menjadikan minuman ini banyak di buru pecinta herbal.

Wedang uwuh adalah minuman tradisional dari Yogyakarta yang dibuat dari kombinasi berbagai jenis rempah-rempah khas Nusantara. Dalam bahasa Jawa wedang uwuh jika diartikan memiliki makna minuman sampah. Sampah dalam artian banyaknya rempah dan berbagai daun herbal yang ada didalamnya. Diantara rempah-rempah yang di gunakan dalam membuat wedang uwuh adalah daun kayu secang jahe, daun pala, ranting cengkeh, daun cengkeh. Ini adalah bahan utama dari minuman tradisional ini, dengan perpaduan berbagai herbal didalamnya, maka minuman ini sangat enak jika di konsumsi dalam keadaan hangat dan panas-panas.

Rasa wangi dan sensasi pedas dari minuman ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Akan terasa lebih nikmat jika di sajikan dengan gula batu. Wedang Uwuh adalah minuman kesehatan yang membuat siapa saja yang meminumnya merasakan kesegaran badan.

Manfaat wedang uwuh dan Memulai Usaha Wedang Uwuh

Sebagai minuman minuman kesehatan, ada segudang manfaat dari mengkonsumsi wedang uwuh ini. Diantara manfaat kesehatannya adalah melancarkan aliran darah, menghangatkan badan, menurunkan kolesterol, menyegarkan badan, kaya anti oksidan yang bagus untuk melawan radikal bebas serta menyembuhkan masuk angin. Minuman ini memiliki banyak variasinya, yang tersedia di pasaran biasanya ada wedang uwuh celup, wedang uwuh seduh dan wedang uwuh sirup. Semuanya memiliki kenikmatan dan rasa pedas yang mengesankan.

Baca: Resep Memasak Pepes Tahu

Sebelum kita masuk dalam resep wedang uwuh, kita lihat dulu bagaimana persiapan jika anda ingin membuka usaha wedang uwuh ini. Anda bisa membuka usaha ini dengan spesifikasi sebagai berikut:

Bahan baku wedang uwuh

Bahan bakunya terdiri dari beragam rempah-rempah seperti daun pala, kayu secang, jahe, cengkeh, ranting cengkeh, dll.

Kapasitas

Untuk kapasitas dan jumlah yang di buat bisa di sesuaikan dengan permintaan pasar atau konsumen.

Kandungannya, manfaat

Wedang uwuh adalah minuman rempah yang memberikan banyak manfaat dan khasiat kesehatan karena aneka ragam rempah-rempah ada didalamnya.

Harga wedang uwuh

Untuk harganya, kita bisa sesuai dengan besar tidaknya bungkusan. Harga mulai dari 10000 hingga 100.000.

Sekarang minuman kesehatan seperti wedang uwuh sudah mulai di galakkan dan di sediakan di berbagai tempat seperti hotel, restoran, dan berbagai tempat makan. Maka, tidak salah jika ingin membuka usaha minuman, anda bisa jatuhkan pilihan pada minuman rempah dan herbal ini.

surakarta.go.id

Resep Wedang Uwuh

Bagi yang ingin mencoba membuat sendiri wedang uwuh, kami menyediakan resepnya berikut ini.Akan lebih enak dan lebih terasa nikmatnya jika di sajikan selagi hujan-hujan dan gerimis. Soalnya minuman kesegaran dan kehangatan ini bisa melawan hangat dingin di luar tubuh karena ia memberikan sensasi pedas dan hangat dari dalam tubuh.

Analisa Usaha Minuman Wedang Uwuh

Bagi yang ingin membuka usaha wedang uwuh, berikut hal yang harus di ketahui tentang kesempatan bisnis dan potensi keuntungan dan modal dasarnya.

Jadi modal awal dalam membuat minuman wedang uwuh adalah sebesar 9850.000

30 kemasan x 15.000 x 30 = 13.500.000, jadi keutnungan bisnis perbulannya adalah 13.500.000 – 9.850.000 = 3.650.000

Minuman ini bisa di sajikan dalam gelas untuk minum di tempat atau di seal dengan sealer, sehingga pembeli bisa membawa pulang atau menikmatinya di berbagai tempat.

Demikianlah resep minuman wedang uwuh, manfaat dan analisa usaha minuman tradisional ini. Semoga bermanfaat dan bisa mengispirasikan anda dalam membangun usaha anda.

Wedang Uwuh Minuman Kesegaran

Serves: 1 Cup
Cooking time: 15 minutes
Level: easy
Print Recipe

Ingredients

  • Air sebanyak 700 ml
  • Gula pasir atau gula batu sebanyak 50 gram
  • Serutan kayu secang kering sebanyak 40 gram
  • 2 lembar daun kayu manis
  • 6 cm jahe, di memarkan
  • Batang cengkeh, dan 10 butir cengkeh
  • Daun pala 3 lembar
  • Daun cengkeh 3 lembar

Instructions

Berikut instruksi cara membuat wedang uwuh asli Yogyakarta

  • Jahe di bakar dan di memarkan
  • Masukkan semua bahan seperti daun cengkeh, daun pala, jahe, cengkeh, daun kayu manis, gula batu dan serutan kayu secang.
  • Semua bahan ini di masak dengan api sedang hingga mendidih
  • Bisa memakan waktu 15 menit untuk merebusnya
  • Angkat dan saring, bisa juga di sajikan dengan rempah-rempah tanpa disaring dulu

Tuangkan dalam gelas dan sajikan, minuman ini enak di sajikan selagi masih hangat-hangat seperti kopi.

Exit mobile version