techomash.com

Whatsapp web, daari namanya saja kita tahu bahwa pembasahan kali ini adalah menyangkut dengan penggunaan Wwhatsapp mellaui PC atau laptop. Namun sebelum kita masuki dalam pembahasan luarbiasa ini, ada baiknya kita tahu dulu apa itu WhatApps Web, sehingga apapun yang kami bahas bisa terarah dan mudah di pahami.

Apa Itu WA Web atau Whatsapp Web

Whatsapp web adalah halaman web yang disediakan pihak WA agar pengguna aplikasi WA bisa melakukan chatting dengan menggunakan Desktop baik di PC atau Laptop. Jadi, selain menggunakan Whatapps di aplikasi Aandroid atau iPhone kita juga bisa menggunakannya di PC namun melalui sinkronnisasi dengan WA di Hp.

Dari sisi tamppilan, WA di web dan di Hp sama saja hanya saja di Hp memiliki beberapa kelebihan seperti laayrnya besar, mudah untuk mengetik, dan mudah juga untuk upload gambar atau video dari PC atau laptop. Jadi, sangat mudah dan kita tidak perlu menginstalasi WA di PC, cukup membuka lewat browsernya dengan mengetik url atau alamat Whatsapp di browser. Untuk mendapatkan pengalaman yang bagus, sebaiknya kalian menggunakan browser yang cepat seperti chrome, firefox atau safari.

Lantas, bagaimana menggunakan layanan Whatsapp web di PC, apakah semudah itu, iya tentu sangat mudah. Berikut persyaratan yang perlu kalian ketahui.

  • Hp atau ponsel kamu harus menggunakan Android, jika menggunakan iPhone harus iOS 8.1+, Windows Phone 8.0 dan 8.1, Blackberry 10.
  • Selanjutnya, kamu harus menggunakan ponsel yang memiliki kamera belakang yang baik karena kita butuh pemindaian kode QR untuk bisa aktif WA di hape (Hp)
  • Pastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan WA di hap kamu
  • Selanjutnya, koneksi internet yang cepat dan stabil, baik untuk hp kamu atau untuk komputer atau laptop yang kamu gunakan. Lihat Cara mempercepat koneksi internet.
  • Komputer kamu menggunakan browser yang bagus seperti Firefox atau Chrome dll.

Jadi, untuk bisa menjalankan WA atau Whatsapp web dengan lancar dan sukses, tentu semua syarat yang sudah kita sebutkan di atas harus sudah kamu penuhi semuanya.

Cara Membuka Whatsapp di PC

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuka whatsapp web di browser PC kamu.

1. Hal pertama adalah membuka browser, dan ketik alamat whatsapp ini https://web.whatsapp.com/, jika sudah masuk ke web, kamu akan melihat adanya QR Code seperti pada gambar berikut ini.

Cara Membuka Whatsapp di PC

2. Selanjutnnya, buka aplikasi WA di ponsel kamu dan jika sudah, silahkan Tap pada titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelas.

Cara membuka Whatsapp web di pc

3. Ketika kamu klik pada titik tiga akan muncul menu dropdown dan klik pada WhatsApp Web seperti yang nampak pada gambar di bawah ini.

Cara Membuka Whatsapp di desktop

4. Jika sudah, kamu akan di baawa ke halaman konfirmasi dan ketuk atau klik OK, Get It. Kurang lebih seperti dibawah ini kelihatannya.

Membuka whatsapp di pcMembuka whatsapp di pc

5. Langkah kelimma adalah melakukan pemindaian terhadap kode QR atau QR Code yang muncul di layar komputer kamu. Pindai dengan tepat hingga Whatsapp di Hp terhubung ke Whatsapp Web di PC.

Menggunakan Whatsapp Web di Laptop dan PC

Jika koneksi internet kamu bagus, dipastikan WA hp Kamu sudah terkoneksi atau terhubung ke Whatsapp Web di Laptop atau Pc kamu. Ok, sekarang kita lihat bagaimana cara menggunakan WA Web.

Cara Menggunakan Whatsaap Web

Sebenarnya, jika WA yang ada di ponsel kamu sudah terhubung ke Pc, maka cara menggunakan Whatsapp di Pc sama saja sepperti menggunakan Whatsapp di Hp, namun penggunaan WA web di pc masih ada kekurangannya dari sisi fitur jika di bandingkan dengan penggunaan di aplikasi WA yang ada di Hp. Fitur yang tidak ada di Pc adalah video call dan voice call.

Namun demikian, penggunaan Whatsapp Web di PC juga ada kelebihannya, yaitu seperti yang sudah saya sampaikan di atas seperti mudah untuk mengetik karena kita menggunakan keyboard komputer, mudah unutk upload dan download serta mudah untuk menavigasinya.

Sementara beberapa fitur yang masih kamu gunakan di Whatsapp Web adalah seperti:

1. Chatting. Ini sangat mudah kamu lakukan, tinggal cari nama orang yang ingin kamu chat dan langsung saja kamu klik pada nama tersebut yang berada di sebelah kiri dan layar untuk chatting sudah tersedia di sebelah kanan.

2. Voice Record. Fitur ini sudah bisa di nikmati walaupun menggunakan whatsapp web. Kamu tinggal klik pada gambar mikrofon yang ada di bawah (disamping kotak ketikan), setelah klik disana, akan ada konfirmasi, lalu klik “OK” dan “I Get It”, Kamu langsung bisa merekam suara kamu seperti di HP.

Namun, jika komputer atau laptop kamu tidak menggunakan microphone, maka kamu tidak bisa menggunakan fitur ini karena tidak ada alat untuk merekam.

3. Mengirim file. Mengirim file sama juga seperti di Hp, kamu bisa mengirim file berbentuk gambar, voice, video, kontak atau dokumen. Pilih gambar berbentuk penjepit kertas di pojok kanan atas, lalu letak file dan file yang akan kamu kirim atau upload. Lihat gambar di bawah ini

cara mengirim file dengan whatsapp web

Cara Log Out dari WhatsApp Web

Jika sudah menggunakan whatsapp web, dan ingin bberheentikan mengggunakannya, anda sebenarnya bisa membiarkan begitu saja atau mematikan WA di Hp, maka di PC juga akan mati dengan sendirinya.

Namun, jika kamu ingin log out whatsapp web ssesuai prosedur, kamu bisa klik pada titik tiga, dan pilih Log Out, maka aktivitas di WA Web kamu akan berakhir dan temanmu tidak bisa melihat lagi percakapan kamu di WA.

cara log out di whatsapp web

Cara ini juga berlaku pada ponsel, jika kamu ingin Log Out WhatsApp di Hp, tinggal klik titik tiga di kanan atas ponsel dan pilih LoG Out.