jubibaka.blogspot.com

Contoh CV – CV atau Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup yang merupakan sesuatu yang sangat urgen dalam kehidupan ini. Sebenarnya, semua orang sudah memiliki CV atau riwayat hidup hanya saja kadang belum tertuang dalam tulisan.

CV atau Curriculum Vitae adalah tulisan tentang riwayat hidup seseorang, lewat tulisan ini orang lain bisa menilai dan mengetahui kehidupan kita, ini penting karena melalui CV kita bisa di posisikan sebagaimana kelayakan dalam sebuah lamaran pekerjaan. Kegunaan dan manfaat dari CV tak hanya sebagai syarat dalam melamar pekerjaan namun juga penting untuk mengikuti beasiswa, atau pelatihan.

Nah, jika memang CV itu penting, lantas bagaimana cara membuatnya? Ada beberapa cara membuat CV atau Curriculum Vitae. Untuk bisa membuat sebuah CV yang bagus setidaknya ada tiga cara yang bisa di tempuh. Pertama; memebuat CV dengan tangan atau secara manual, cara manual ini termasuk cara membuat CV yang paling banyak di lakukan. Kedua; cara selanjutnya adalah dengan menggunakan alat seperti komputer.

Cara pembuatan CV dengan menggunakan komputer sekarang mulai sangat di minati karena ddianggap lebih cepat dan rapi, terutama di zaman digital ini. Pembuatan bisa dengan mengikuti teknik ketikan biasa aatau dengan mengggunakan teknik lain aatau desain template tertentu sebagaimana yang di sukai oleh pembuat.

Cara membuat CV yang ketiga; adalah dengan menggunakan jasa orang lain yang berpengalaman. Sekarang banyak orang yang menerima jasa pembuatan CV dengan aneka bentuk yang kreatif, unik dan tentu dengan desain yang menarik hati.

Bagaimana? Apakah anda sudaha bisa membuat CV? Jika tidak biasa tentu kadang mengalami hambaatan tentang apa saja yang harus di persiapkan dan informasi apa saja yang harus termuat dalam CV.

Karena banyaknya kebutuhan orang terhadap CV dengan berbagai keperluan, maka kami membuat postingan ini dengan tujuan memberikan solusi lewat contoh membuat CV yang benar dan menarik. Kamu bisa melihat beragam bentuk CV yang akan kamu muat disini, tentu sesuai dengan kebutuhan masing-masing karena ada CV untuk lamaran kerja, Cv untuk proposaal beasiswa dan CV untuk keperluan lainnya.

Contoh Contoh CV (Curriculum Vitae)

Ok, langsung saja kita lihat di bawah ini beberapa bentuk CV atau riwayat hidup dengan beerrbagai keperluan. Setidaknnya kami sudah mengumpulkan 15 contoh CV atau riwayat hidup yang bisa kamu contohkan dalam membuat CV atau riwayat hidup kamu.

1. Contoh CV lamaran kerja

Apapun bentuk CV, tentu anda harus membuatnya dengan benar agar maksud dan tujuan anda tercapai, apalagi cv untuk lamaran kerja. Pastika segala hal yang berkenaan dengan kehidupan anda terangkum dan tercover semuanya termasuk pendidikan anda dan hal-hal lain yang penting dalam perjalanan hidup anda.

Jadi, semua yang ada dalam kehidupan anda harus tercover terutama pengalaman jika anda pernah ada pengalaman kerja di suatu tempat. Hal seperti ini sangat penting bagi pihak HRD karena ini akan di jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menerima anda sebagai salah satu karyawan atau tenaga kerja di isntansi mereka.

Ok, agar lebih mudah di pahami, berikut ini saya lampirkan contoh CV lamaran kerja yang bisa menjadi acuan dan pedoman dalam membuat CV yang kamu butuhkan.

DATA PRIBADI

1. Nama Lengkap : Saifuddin
2. Tempat & tanggal lahir : Nisam, 23 Mei 1987
3. Alamat : Ds. Sumber Aair bersih. Kec. Kota Baharu, Kab. Milan
4. Jenis Kelamin : Laki-laki
5. Status Perkawinan : Menikah
6. Agama : Islam
7. No Telp : 082724728460
8. Email : saifuddin87@gmail.com

Pendidikan Formal:

1. 1996 – 2002 : SDN Telakak 3
2. 2005 – 2005 : SMPN Tanoh baroena 1
2005 – 2008 : SMAN Tanoh baroena 2
2008 – 2013 : UIN Suska

Pendidikan Informal:

2015 : Kursus Bahasa Inggris
2015 : Kursus Menulis: Essay Kebangsaan

Pengalaman Kerja

2011-2014 : Bekerja Di PT. Arun LNG, Aceh

Demikianlah CV atau riwayat hidup yang saya perbuat dengan sangat singkat dan apa adanya. Adapun CV yang saya buat ini bertujuan sebagai penunjang terhadap surat lamaran kerja yang saya buat sehingga bisa di pertimbangkan. Atas perhatian dan kerja sama bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Nisam, 02 November 2019

Saifuddin


Dalam membuat surat lamaran kerja, CV memang sesuatu yang wajib dicantumkan dan lengkapi dalam map surat lamaran kerja. CV sangat penting keberadaannya karena ia berfungsi sebagai rekam jejak anda selama hidup. Dengan adanya CV yang benar dan baik, anda bisa di pertimbangkan untuk di terima sebagai karyawan dan akan di letakkan di posisi mana, maka membuat CV itu tidak boleh asal-asalan. Bisa dikatakan bahwa CV adalah sesuatu yang cukup penting atau sama pentingnya dengan surat lamaran kerja itu sendiri.

Pembuatan CV ini harus benar-benar rapi dan sesuai dengan ketentuannya. Satu lagi yang penting adalah anda harus menyesuaikan antara surat lamaran kerja dengan CV yang anda buat. Sebagai contoh, jika surat lamaran kerja anda ketik komputer dengan ketikan kreatif, maka CV pun harus ikut seperti itu. Jika anda membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan maka pembuatan CV atau Curriculum Vitae pun harus dengan tulisan tangan.

Memang ini hal kecil, namun bisa saja lewat hal-hal kecil ini mereka membaca kejiwaan kita, seberapa konsistennyaa kita atau seberapa tuntasnya kerja dan ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka.

2. Contoh CV Berbahasa Inggris

CV berbahasa Inggris perlu dan Penting jika lamaran kerja yang anda ajukan adalah menggunakan bahasa Inggris. Di Indonesia sendiri ada beberapa lowongan kerja yang menggunakan bahasa Inggris, ini biasanya pada perusahan perusahaan multi-nasional.

Kemungkinan juga tempat kerja yang anda ajukan ini umumnya menggunakan pekerja yang menggunakan bahasa Asing, atau perusahaan milik asing yang karyawannya semua berbahasa asing. Maka, CV yang anda buat untuk ini-pun harus menggunakan bahasa asaing seperti bahasa Inggris.

Namun ada juga lowongan kerja yang bukan mmilik asing namun mereka mensyaratkan untuk membbuat CV dalam bahasa Inggris seperti kerja di Hotel, restaurant dan lain-lain. Mereka tentu banyak menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai pelayanannya sehingga lemar kerjapun dipastikan harus menguasai bahasa asing, maka untuk membuat surat lamaran kerja ini harus menggunakan bahasa Inggris.

Jika memang anda harus membuat CV dengan bahasa Inggris, maka bagaimana sebenarnya cara membuat CV dengan bahasa Inggris, bagimana format CV dalam bahasa Inggris, langsung saja kita lihata contoh CV bahasa Inggris berikut ini.

Curriculum Vitae

Muhammad Amin

aminmuhammad.90@gmail.com

24 years old/East kalimantan/ 170 cm/ 60 kg

Place and date of birth: Kalimantan, 14th of Januari 1994

Nationality: Indonesia

Call phone: 085000046523

Education:

Gajah Mada University

SMA Negeri 02 Kalimantan

Languages

  • Listening: 250
  • Reading: 195
  • Relevant certivicate: 450

Skills:

Ability of operating Computer and internet

Hobby:

Reading, Singing, Traveling, Listening

Address: St. Ahmad Sofyan. No. 23 Kalimantan

Status: Married


3. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Sekarang kita lihat contoh CV fresh graduate, tentu tanpa pengalaman kerja karena baru lulus. Nah, bagaimana membuat CV, apakah kosong dari pengalaman kerja atau ada cara lain yang bisa diandalkan.

Sebenarnya, pengalaman kerja adalah sesuatu yang sangat penting dalam sebuah CV karena bisa menjadi rekam jejak dan penilaian tersendiri terhadap pelamar. Pengalaman kerja akan menjadi acuan bagi anda untutk di terima, karena tidak semua orang memiliki pengalaman kerja yang bagus.

Namun, bagaimana jika anda baru saja lulus sarjana, tentu anda belum punya pengalaman kerja apapun. Apakah di CV anda kosong dan tidak terrcantum pengalaman kerja? Benar, anda tidak perlu khawatir tentang pengalaman kerja, pihaak perusahaan bisa mengerti dengan kondisi ini. Mereka paham jika anda baru lulus dan menghabiskan waktu anda untuk belajar sehingga belum memiliki pengalaman kerja.

Namun, demikian bukan berarti sebagaai seorang fresh graduate anda bisa membuaat CV sembarang, ada contoh khusus CV untuk anda yang baru saja lulus sarjana.

Curriculum Vitae

1. Nama Lengkap : Muhammad Amin
2. Tempat & tanggal lahir : Semarang, 13 Oktober 1987
3. Alamat : Jl. Ikan gabus, No, 100 Kota Pisang
4. Jenis Kelamin : Laki-Laki
5. Status Perkawinan : Menikah
6. Agama : Islam
7. No Telp : 0873627310000
8. Email : Muhammadamin2019@gmail.com

Pendidikan Formal

1998 – 2004 Sekolah Dasar Negeri 02 Semarang
2. 2004 – 2007 : SMP Negeri 1 Kalimantan Tengah
2007 – 2010 : SMA Negeri 03 Kalimantan Tengah
2011 – 20015 Universitas Islam Sultan Syarif Kasim

Demikianlah CV daftar riwayat hidup kami buat apa adanya, semoga menjadi pertimbangan bapak atas surat lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatian bapak saya ucapkaan banyaak terimakasih.

Kalimantan, 20 Juni 2019

Muhammad Amin


4. Contoh CV keratif

CV kreatif adalah CV yang memiliki bentuk menarik karena di buat dengan cara kreatif. Nah, dengan membuat CV kreatif tentu penampilan CV anda akan menarik, unik dan taka jarang jika Cv yang di buatnya menarik akan membuat pihak perusahaan tempat anda melamar kerja menjadi serius mempertimbangkan anda.

Jika anda ingin membuat daftar riwayat hidup dengan bentuk kreatif sekarang ada banyak layanann di internet yang bisa membantu anda, dan layanan yang di sediakan website-website itu gratis. Coba manfaatkan situs tersebut untuk membuat CV yang menarik dan kreatif.

Jika anda memutuskan untuk membuat CV kreatif, anda sepertinya perlu paham desain yang bagus sehingga benttuk CV anda bisa menarik minat pihak HRD.

Kenapa sedikit yang membuat CV kreatif ini, alasannya simpel saja yaitu tidak memiliki kemampuan di bidang desain yang memadai sehingga mereka enggan melakukannya. Namun sekarang ini di zaman serbaa digital seperti ini, ada banyak website yang memberikan layanan kepada anda untuk mendesain sendiri template atau bentuk CV.

Perhatikan bentuk-bentuk CV kreatif dibawah ini, perbedaannya dengan CV biasa.

Contoh CV keratif

Contoh Contoh CV keratif
moondoggiesmusic.com

5. Contoh CV Lewat Email

Maksud CV lewat email adalah membuat CV dalam bentuk sebuah dokumen dan kemudian di kirimkaan via email. Jadi, untuk CV dan surat lamaran kerja yang anda buat di email tidak boleh sembarangana. Anda harus memperhatikan bagaimana perusahaan itu meminta anda mengirim surat lamaran kerja dan CV. Jika di bolehkan menulis melalui email anda bisa melakukannya.

Jadi, setelah anda membuat CV dalam format dokumen di MS WORD, anda bisa mengirimnya melalui email. Cara mengirim surat lamaran kerja atau CV sama saja seperti anda mengirim email biasa. Namun nanti anda pilih attachment file da mengambil file yang anda simpan. Berikut kita lihat contoh CV lewat email.

Contoh CV Lewat Email
lokerku.net

6. Contoh CV Lengkap

Contoh CV Lengkap

CV lengkap adalah CV yang memberikan berbagai data diri secara lengkap, demikian juga dengan berbagai hal lainnya yang di butuhkan. Anda bisa menggunakan berbagai hal yang sifatnya umum.

CV seperti ini tidak hanya bisa digunakan untuk melengkapi surat lamaran pekerjaan namun juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Jadi, CV seperti ini bisa digunakan berkali-kali tanpa harus merubah-rbah selain sifatnya umum, ia juga komplit dengan segala informasi yang dibutuhkan.

Jika anda ingi membuat CV lengkap yang bisa digunakan dalam berbagai hal dan kondisi, berikut contoh cv lengkapnya:

1. Nama Lengkap : Muhammad Amin
2. Tempat & tanggal lahir : Kalimantan, 11 Januari 1987
3. Alamat : Jl. Ular Naga No. 89 Kota Naga
4. Jenis Kelamin : Laki-laki
5. Status Perkawinan : Menikah
6. Agama : Islam
7. No Telp : 085673627312
8. Email : Aminmuhammad@gmail.com

Pendidikan Formal:

1999 – 2005 : MI Perwanida Blitar
2005 – 2008 : SMPN 1 Kota Naga
2008 – 2011 : SMAN 1 Kota Naga
2011 – 20015 : Perguruan Tinggi: STIKIP PGRI Kota Naga

Demikianlah CV saya buat dengan bentuk yang sesngkat-singkatnya dan apa adanya. Curriculum Vitae ini bertujuan untuk memudahkan bapak dalam berbagai pertimbangan surat lamaran saya. Atas perhatiannya dan kerja sama yang baik kami ucapkan terimakasih.

Kota Naga, 12 Agustus 2019

Muhammad Amin

Note: Nama dan alamat hanya rekaan semata, tidak nama dan tempat yang sebenarnya.


7. Contoh CV Kosong

Sekarang kita akan melihat bagaimana contoh CV kosong, CV kosong termasuk salah satu bentuk dan motif CV yang bisa anda pelajari untuk kepentingan anda dalam melamar pekerjaan atau untuk hal dan kepentingan lainnya seperti mendaftar kuliah, atau untuk mengajukan proposal beasiswa.

Untuk membuat CV kosong, anda hanya perlu mengisi formulir dibawah ini dengan segala hal yang di perlukan. Berikut kita lihat contoh CV kosong.

1. Nama Lengkap :
2. Tempat & tanggal lahir :
3. Alamat :
4. Jenis Kelamin :
5. Status Perkawinan :
6. Agama :
7. No Telp :
8. Email :

Riwayat Pendidikan Formal:

2000 – 2006 :
2. 2006 – 2009 :
2009 – 2012 :
2012 – 20016 :

Riwayat Pendidikan Informal:

2015 :
2. 2016 :

Pengalaman Kerja:

  • 2017 – 2018 :
  • 2018 – 2019 :

Demikianlah Curriculum Vitae kami buat sebagaimana adanya. Ini kami buat untuk tambahan informasi dan sebagai pertimbangan untuk menerima surat lamaran kerja. Atas perhatiannya dan kerja samanya kami ucapkan banyak terimakasih.

Kota Naga, 12 November 2019

Penulis


8. Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan
moondoggiesmusic.com

Daftar riwayat hidup tulis tangan atau CV tulis tangan bentuk penulisan riwayat hidup yang pada dasarnya sama saja dengan CV lainnya. Hanya saja, ini medianya adalah folio dan bolpaint, serta menggunakan tangan sebagai media penulisannya. Jika anda ingin membuat CV dengan tulisan tangan, sah-sah saja, namun perhatikan agar tulisannya rapi dan enak di baca karena dari tulisan tangan ini kadang juga menjadi perhatian dan pertimbangan. Alsannya adalah dari tulisan yang berbentuk demikian orang bisa menilai pribadi kita sebagai orang yang bertanggung jawab atau tidak.

Berikut kita lihat contoh daftar riwayat hidup tulis tangan.

1. Nama Lengkap : Muhammad Amin
2. Tempat & tanggal lahir : Kota Naga, 11 Juni 1987
3. Alamat : Jl. Merdeka No, 90 Kota Naga
4. Jenis Kelamin : Laki-laki
5. Status Perkawinan : Belum menikah
6. Agama : Islam
7. No Telp : 08674200000
8. Email : Aminmuhammad@gmai.com

Pendidikan Formal:

1998 – 2004 : MI Darul Falah Kota Naga
2. 2004 – 2007 : MTs Darul Falah Kota naga
2007 – 2010 : MA Darul Falah Falah Kota Naga
2011 – 20015 : UNISMA Kota Naga

Pendidikan Informal:

2015 :Kursus internet
2. 2015 :Kursus bahasa Arab dan Inggris

Pengalaman Kerja

  • 2015-2016 : Staff Usaha Warnet

Demikianlah daftar riwayat hidup kami buat dengan singkat dan semestinya. Daftar riwayat ini bisa di pergunakan sebgaai bahan pertimbangan dalam menerima surat lamaran kerja yang saya ajukan.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Kota Naga, 11 Mei 2019

Muhammad Amin

Note: Nama dan tempat hanya fiktif belaka


Cara Membuat CV (Curriculum Vitae)

Membuat CV tidak boleh sembarang, karena ini bukan hal biasa atau formalitas saja, namun Cv sangat menentukan anda di terima atau tidak sebuah perusahaan yang anda lamar. Untuk itu, membuat CV tidak harus benar-benar di pejalajari dan di perhatikan agar benar-benar menghasilkan sebuah CV yang berkualitas dan kesempatan untuk di terima pada perusahaan yang anda lamar semakin besar.

Untuk itu, anda harus memperhatikan cara membuat CV yang benar. Sebenarnya, ada cara mudah membuat CV yang bisa menjadi rujukan dan pedoman bagi anda yang masih pemula dalam membuat CV. Membuat Cv itu tak ubahnya seperti membuat riwayat hidup singkat dan profile singkat.

Diantara hal yang harus anda perhatikan dalam membuat CV adalah terdapat atau mengandung beberapa hal berikut ini, dan ini adalah bagian yang wajib ada dalam Cv yang kamu buat.

Beberapa isi penting dalam Cv adalah: nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, jenis kelamin, nomor telepon, email, jenjang pendidikan sejak sekolah dasar, serta berbagai keterangan yang lain sebagai tambahan. Nah, setiap orang tentu ingin membuat CV yang baik dan berkualitas.

Ok, perhatikan cara membuat Cv yang benar berikut ini.

1. Penulisan CV harus dengan menggunakan tinta warna biru atau hitam

Hal pertama dalam membat CV adalah menggunakan tinta warna hitam atau warna hijau. Kenapa demikian? Jika anda menggunakan tinda warna warni atau warna merah misalnya ini akan nampak bahwa anda tidak profesional dan kurang serius atau bahkan di anggap kekanak-kanakan. Maka gunakan tinta berwarna biru atau warna hitam.

2. Jangan ada coretan pada CV anda

Hal kedua yang harus di perhatikan adalah CV anda tidak ada coretannya, terutama jika anda memiliki penulisan CV dengan tulisan tangan menggunakan balpoint hitam (misalnya). Hindari coretan atau hal hal yang membuat kertas CV anda kotor.

3. Tambahkan Pengalaman kerja dan sertifikatnya

Untuk lebih mantap dan lebih profesional bahwa anda seorang yang layak untuk di perkerjakan, maka tambahkan sertifikat kerja atau pengalaman anda dalam kerja. Jadi, termasuk hal urgen yang harus anda lampirkan atau tambahkan karena akan menjadi peretimbangan dimana dan pada posisi apa anda bagus di tempatkan.

Selain menulis pengalaman kerja juga menambahkan kursus atau pelatihan yang anda ikuti, sertakan juga bukti berupa sertifikatnya dan penghargaan jika ada. Ini bisa menambahkan nilai plus kepada anda dan memperbesar harapan bahwa anda bisa di terima di perusahaan yang anda pilih.

4. Menulis dengan rapi

Hal lain yang harus diperhatikan dalam membuat CV adalah membuatnya dengan rulisan yang rapi dan enak di baca. Hindari menggunakan pengulangan kata yang terlalu rapat dan kata salah. Dengan menggunakan bahasa yang rapi, bagus dan enak di baca serta bahasa baku, maka CV anda bisa menjadi salah satu CV terbaik.

Itulah beberapa contoh CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup, semoga saja menjadi bahan rujukan dan kajian bagi kamu yang ingin membuat VC untuk kepentingan lamaran pekerjaan, cv untuk beasiswa atau cv untuk kepentingan lainnya.