Gili kondo lombok timur
Keindahan Gili kondo NTB

Gili adalah pulau-pulau kecil yang mengelilingi lombok dan ini menjadi daya tarik tersendiri. Adanya gili ini menjadiika lombok sebagai surganya pariwisata. Salah satu gili yang menawan dan indah untuk di kunjungi adalah gili kondo dan ini juga yang menjadi pembahasan kita dalam artikel ini.

Gili pulau lombok mulai terkenal dan populer mungkin ketika munculnya gili trawang dan gili air pertama kalinya. Ini menjadi kesempatan emas bagi warga setempat untuk memperkenal gili-gili eksotis nan menawan ke manca negara. Gili kondo merupakan pulau kecil yang berlokasi disebelah utara Mataram atau tepatnya di daerah Sambelia Lotim (Lombok Timur). Gili kondo adalah salah satu pulau yang cocok sebagai tujuan wisata karena letaknya yang sangat strategis. Kondo terletak antara gili-gili lainnya seperti gili kapal, gili lampu dan gili bidara. Untuk menuju ke gili kondo bisa diakses lewat pelabuhan Pantai Padak Guar.

Gili Kondo Lombok Timur

Untuk sampai ke pelabuhan Padak Guar kira-kira membutuh waktu tempuh hingga 2.5 jam dengan jauh perjalanan sekitar 90 km dari Mataram. Setelah sampai di pelabuhan para wisatawan bisa menuju ke gili kondo dengan menumpang boat nelayan dengan perkiraan masa berlayar sekitar 20 atau 30 menit.

Daftar Isi Artikel

Melirik Keindahan Gili Kondo

Gili kondo adalah pulau kecil di lombok yang masih sangat alami dan tidak berpenghuni. Disana masih hidup berbagai biota laut dan ikan khas perairan Laut Timur Indonesia. Kenapa dikatakan gili kondo? Menurut sumber, kondo adalah nama spesies burung yang pada masa silam membuat sarangnya yang sangat besar di pulau ini. Sebagai tempat wisatawan yang banyak pengunjugnya, gili kondo di penuhi dengan Villa, rumah penginapan (cottage) yang dibangun untuk disewakan kepada wisatawan. Namun bagi yang ingin melakukan traveling kesini anda harus cepat-cepat memesan tempat penginapan agar tidak kehabisan karena temapt penginapan yang tersedia sangat terbatas.

Baca juga: 45 Gunung Tertinggi di Indonesia

Jika kita lihat di bibir pantai, keindahan pertama adalah pasir putihnya yang sangat halus dan lembut. Saking halusnya, ketika pasir putih ini di pantul sinar matahari cerah lombok maka akan bercahaya-cahaya seperti fatamorgana. Kemudian, sedikit mendekat air laut kita bisa menyaksikan gradasi air laut yang indah dengan warna yang semakin gelap seiring dengan dalamnya lautan. Namun pada pinggir pantai airnya sangat jernih sehingga membuat kelihatan dasar pantainya.

Pantai pasir putih pulau kondo
Pesona pasir putih di Gili Kondo

Pasir yang ada di Gili Kondo adalah pasir unik yang oleh warga setempat menyebutnya dengan pasir merica karena bentuknya bulat sempurna seperti merica. Namun pasir bulat kecil kecil ini tidak terdapat disemua bagian pantai melainkan hanya pada beberapa sisi pantai saja. Uniknya lagi, setelah pasir merica ini di panaskan terik menatri hingga sore hari, pengunjung bisa mencoba menanam kakinya kedalam pasir ini dan merasakan sensasi hangat seperti terkena terapi pijatan tradisional.

Aktivitas lain yang tidak kalah menarik yang bisa didapatkan di lombok timur terutama gili kondo ini adalah snorkeling dan camping. Banyak mereka yang datang ke pulau kondo ini adalah untuk camping karena semua peralatan sudah disediakan, bahkan restoran dan temapt makan lainnya ada disini termasuk pemandian. Bagi pendatang yang ingin menikamti keindahan gili kondo untuk tidak mencoba-coba menghilangkan keasrian pulau ini seperti menjarah, merusak terumbu karang dan lain-lain karena pulau kecil ini adalah surga alam yang harus bisa di nikamti selamanya.

Keindahan Gili Kapal

Keindahan gili kapal di tengah laut
Keindahan gili kapal di tengah laut, kiri kanan membiru air laut danb beratapkan langit biru

Jika anda sudah mengelilingi pulau kecil ini, anda bisa menikmati keunikan lainnya yang ada hanya ketika air surut. Ini adalah misteri gili kapal yang berada di perairan dan hanya bisa di nikmati ketika air laut surut. Gili kapal adalah gundukan pasir berbentuk seperti kapala di tengah laut yang hanya terlihat ketika air laut surut, maka ini disebut dengan misteri gili kapal.

Luasnya tak seberapa, ini hanya sekitar 2 meter saja namun sangat unik karena di tengah laut. Berdiri di tengah pasir gili kapal bisa menemukan sensasi tersendiri karena seperti berdiri seorang diri tepat di tengah lautan biru.

Keindahan Gili Bidara

Keindahan Gili Bidara

Hal lain yang bisa di rasakan pengunjung saat air laut surut adalah berjalan kaki di tengah gundukan pasir ini menuju ke Gili Bidara. Gili Bidara adalah sebuah pulau kecil namun di huni oleh banyak penghuni. Pengunjug bisa merasakan bagaimana berinteraksi dengan penduduk setemapt yang ramah, dan hidup dalam kedamaian dan santai ini.

Keindahan Gili Bidara
Keindahan Gili Bidara Lombok Timur

Kehidupan di Gili Bidara ini sungguh bebas dari segala unek unek dan masalah hidup, setiap pagi bangun dengan pemandangan hiau dan indah didepan mata. Kehidupan penduduk di Gili bidara ini sangat berbeda dengan kehidupan di perkotaan yang penuh persaingan dan masalah.

Keindahan Gili Lampu

Keindahan Gili Lampu
Pesona gili lamppu

Ada satu lagi surga tersembunyi lombok di sini yaitu gili lampu. dari gili bidara pengunjung bisa naik perahu dan berlayar menuju Gili Lampu yang merupakan sebuah pulau kecil indah yang menjadi surganya para pecinta snorkeling. Disini anda akan berhadapan dengan cantiknya perairan yang jernih dan biru serta banyak ikan-ikan indah yang kadang tak ditemukan di tempat lain.

Rute Menuju Gili Kondo

Untuk menuju ke gili kondo, pengungjung berjalan dari Mataram dengan perjalanan yang lumayan jauh, maka sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi sehingga bisa beristirahat kapan saja. Dari Kota Mataram pengunjung mengambil rute Jalan Raya Mataram – Labuhan Lombok menuju pelabuhan Pandan.

Rute menuju gili kondo

Kemudian, dari Labuhan pandan menuju ke Jalan Raya Sambelia. Berjalan sekitar 5 km, maka akan ada pamplet penunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Padak Guar di sebelah kanan jalan. Jika anda tidak yakin, jalan perlahan-lahan dan sebaiknya menggunakan Google Map sebagai pembantu menuju kearah sana.

Berapa Harga Tiket Masuk Gili Kondo?

Berbicara tiket masuk ke Gili Kondo, pengunjung tidak perlu membayar tiket karena masuk ke gili kondo adalah gratis. Namun untuk menggunakan fasilitas yang disediakan di sana tentu pengunjung harus membayarnya. Penting diketahui bahwa di sekitaran pulau kondo tidak ada kebutuhan kebutuhan darurat seperti obat, minuman dan makanan, jadi setiap pengunjung harap mempersiapkannya seperlunya.

Bagi yang ingin keliling pulau dengan perahu, di sekitaran Pantai Padak Guar ada koperasi nelayan yang menawarkan paket tour wisata untuk keliling menuju gili-gili sepanjang Lotim (lombok Timur). harganya bervariasi tergantung jenis paket yang di ambil. Jika hanya pergi dan pulang tanpa nginap biasanya harga sekitar 25.000 per orang. Paket tour ini dibawa oleh perahu yang berpenumpang sebanyak kisaran 10 orang.

Alamat Gili Kondo: Jalan raya Sambelia kelurahan Labuhan Pandan, Kec. Sambelia Kab. Lombok Timur NTB (Nusa Tenggar Barat). Peta menuju Gili Kondo