Kebun Binatang Gembira Loka
gembiralokazoo.com

Kebun binatang gembira loka adalah salah satu destinasi wisata keluarga yang cocok ddikunjungi. Anda bisa mengajak anak-anak untuk meneegnal lingkungan dengan mebih baik serta memperkenalkan binatang kepada mereka. Anda bisa menghabiskan wakhir pekan atau liburan bersama orang tersayang dengan berkunjung keberbagai tempat menarik serta edukatif. Jika anda tinggal di Jakarta mungkin anda bisa mengunjungi kebun binatang safari atau kebun binatang Ragunan. Namun bagi anda yang ada di Yogyakarta, anda bisa mengunjungi gembira loka yaitu kebun binatang menarik dan unik untuk di kunjungi.

Gembira Loka adalah kebun binatang yang asyik dan unik di kota jogja dan bagi anda yang tinggal disana sangat disayangkan jika belum mengunjungi tempat binatang ini. Selain aneka bintang langka, anda juga bisa menyaksikan berbagai atraksi yang di lakukan gajah yang sudah di ajarkan. Sebelum kita jelaskan lebih jauh tentang Gembira Loka, perlu kiranya kita lihat dulu bagaiamana sejarah kebun binatang Gembira Loka ini.

Sejarah Gembira Loka

Kalau kita berkaca dari sejarahnya, kebun binatang ini adalah salah satu yang tertua di Tanah air. Kebun Gembira Loka awalnya di bangun atas ide dan prakarsa dari Sultan Hamengku buwono VIII tahun 1933 M. Beliau membuat ini dari ide keinginan beliau agar di Jogja ada sebuah hiburan yang bisa dinikmati oleh orang jogja khususnya. Akhirnya ide dari sultan bari di tidak lanjuti pada masa sultan berikutnya yaitu Sultan Hamengku Buwono ke 9 dan di bantu oleh seorang arsetek waktu itu bernama Ir. Karsten, orang Belanda. Awalnya kebun ini disebut dengan keun Rojo atau kebun Raya.

Karsten memilih tempat untuk pembuatan kebun Rojo ini di sebelah barat sungai winongo. Alasannya karena disebelah barat sungai Winongo tempatnya strategis untuk pembangunan kebun binatang. Namun di tengah pembangunannya, proses pembangunan sempat tertunda akibat dari kakacauan politik ketika itu yaitu terjadinya perang dunia ke II yang menyebabkan Jogjakarta kedatangan tamu yaitu penjajahan Jepang.

Kebun binatang gembira loka
sumber gambar: hargatiket.net

Pembangunan kebun rojo ini kembali muncul keinginan untuk dibangun lagi pada saat kemerdekaan, dan waktu itu ibukota negara adalah Jogjakarta, namun niat dan tekad untuk membali melanjutkan pembanguan kebun binatang Gembira loka kembali terealisasi saat ibukota pindah ke Jakarta dan perang dunia kedua usai tahun 1949. Pemerintah melihat bahwa ide pembangunan kebun biatang memang perlu dan Jogjakarta tinggal melanjutkan apa yang sudah di mulai oleh Sultan Hamengku Buwono 9. Ini adalah andil pemerintah dalam memberikan tempat hiburan kepada masyarakatnya sehingga ide yang mulanya muncul pada masa sultan Hamengku Buwono VIII bisa kembali muncul pada masa ini. Ini di pelopori oleh Hadi, sh dan Januismadi.

Namun demikian, ide ini sebenarnya belum benar-benar terwujud, baru pada tahun 1953 terealisasi dengan baik dengan berdirinya yayasan gembira loka Yogyakarta yang di buktikan dengan akta notaris RM Wiranto No. 11 tanggal 10 Spetember 1953. Ini di pimpin oleh Sri Paduka KGPAA paku alam VIII dan saat ini pembangunan kebun bintang yang sudah muncul idenya tahun 1933, baru terlaksana dengan baik.

Dalam masa pembangunannya, Sri paduka KGPAA kemudian menyerahkan pembangunan ini kepada Tirtowinoto hingga kahirnya tahun 1978, kebun bintang Gembira Loka memiliki koleksi satwa liar yang lengkap dan menjadi salah satu wahana hiburan masyarakat Jogjakarta.

Apa Saja Fasilitas di Gembira Loka

Kawasan gembira loka sudah sempurna menjadi kawasan wisatawan yang didukung dengan berbagai fasilitas penting seperti toilet, mushallah dan tempat parkir kendaraan. Selain fasilitas umum ini, Gembira Loka juga menyediakan berbagai fasilitas piknik seperti perahu Katamaran yang bisa di gunakan untuk mengelilingi danau buatan yang terbilang luas. Namun bagi pengunjung yang ingin menikmati Katamaran, ia harus membayar ongkos sebesar 10.000 per orang.

Selain itu, di wahana Gembira Loka juga terdapat lokasi Mayang Tirta, ini adalah sebuah bangunan sebesar kapal yang di buat seperti panggung hiburan dengan berbagai pertunjukan untuk menghibur masyarakat.

Selain Tirta Mayang dan Katamaran, ada lagi yang bisa di nikmati di Gembira Loka, ini adalah mengelilingi danau dengan speed boat. Speed boat adalah boat cepat yang hanya memuat 4 penumpang termasuk pemandu wisata. Namun, unutk seorang biayanya lebih mahal yaitu 20.000. Untuk jaminan keamanan penumpang selama berlayar, mereka akan di berikan pelampung yang di pasang di badan sehingga pelayaran akan terasa lebih aman dan nyaman.

Ada juga fasilitas lain yang tak kalah menarik untuk di coba di kebun binatang Gembira Loka, ini adalah Bumper boat. Ini adalah boat yang lebih lambat jalannya, biasanya di sediakan untuk pasangan yang ingin jalan santai di atas air. Untuk naik bumper boat penumpang cukup membayar 20.000 saja.

bumper boat gembira loka

Ada juga skuter, ini adalah fasilitas yang banyak di buru anak-anak muda. Skuter hampir sama dengan jet ski hanya saja jet ski lebih cepat jalanya. Jadi naik skuter bagi anak-anak masih tergolong aman karena tidak terlalu cepat. Seklai mencoba anda hanya perlu membayar sebanyak 20.000. Bagi siapa saja yang menggunakan fasilitas ini, sama seperti fasilitas air lainnya, mereka wajib menggunakan pelampung badan agar aman dari hal yang tak di inginkan.

Fasilitas Banana Boat – Kebun Binatang Gembira Loka juga di fasilitasi dengan banana boat hanya saja namanya adalah banana orca boat yang bentuknya adalah paus bukan pisang. Menikmati banana orca boat juga cukup membayar dengan harga 20.000 saja dan anda bisa melepaskan kerinduan terhadap banana boat. Untuk menunggangi banana orca boat, maksimal penumpangnya adalah 4 orang dan anda harus mengenakan pelampung agar aman.

Ada juga fasilitas lain di danau Gembira Loka, ini adalah perahu kayuh. Untuk menikmati perahu kayuh ini anda harus membayar 20.000 dan anda bisa berkeliling danau menikmati berbagai keindahan dan kebun binatang yang ada di pinggir-pinggir danau. Sangat asik ini di nikmati bersama keluarga, selain bisa menikmati Gembira Loka dari airnya anda juga bisa menikmati binatang dan satwa liar di pinggir danau.

perahu kayuh di gembira loka
gembiralokazoo.com

Terapi Ikan Gembira Loka

Bagi anda yang sudah bosan dengan berkeliling kebun binatang gembira loka, anda bisa masuk ke tempat terapi ikan. Unutk masuk ke tempat ini di pungut biaya sebesar 20.000 per orang.

Disini kami bisa merasakan pijatan dan terapi ikan yang luarbiasa unik dan tentu menambah pengalaman anda. Terapi ikan ini di lakukan pada kaki anda. Ikan-ikan kecil akan akan menggigit kaki anda dan memberikan sensasi geli yang luarbiasa. Ini bisa menjadi salah satu terapi untuk mengaktifkan saraf-saraf anda.

Terapi Ikan Gembira Loka
suaramerdeka.com

Fasilitas lain di Gembira Loka

Selain menikmati berlayar dengan aneka boat, bagi anda yang membawa anak-anak, anda juga bisa menikmati kolam tangkap. Kolam tangkap adalah wahana bermain anak-anak dengan kolam berisi beragam ikan hias dengan kedalaman 30 cm. Anak-anak bisa menangkap berbagai jenis ikan Kesukaannya dan mantapnya lagi ia bsia membawa pulang ikan yang berhasil di tangkapnya. Ini bisa menjadi salah satu pengalaman seru buat anak-anak. Anda cukup membayar 10.000 per anak untuk bermain disini.

Wahana lain adalah permainan menunggang unta. Anda tidak perlu ketimur tengah untuk bisa menunggangi unta. Hewan Arab ini juga tersedia di Gembira Loka Jogjakarta. Kebun Binatang ini juga di fasilitasi dengan unta yang bisa anda tunggangi hanya dengan membayar 20.000 saja. Sangat mneyenangkan bukan!

Selain menikmati unta tunggang, anda juga bisa mengajak anak-anak untuk menunggangi Gajah tunggang. Dengan menunggangi gajah anda bisa bermain main di sekitaran kebun Gembira Loka. Tiket untuk bisa menikmati permainan ini juga di pungut sebanyak 20.000.

Ada lagi tempat permainan anak-anak yang unik dan menarik tentunya. Ini adalah klam sentuh, dikatakan demikian karena pengunjung kolam bisa menyentuh apa saja binatang yang ada dalam kolam seperti ikan atau kura-kura danlai-lain. Enaknya lagi, kolam sentuh ini gratsi alias tidak perlu bayar unutk untuk merasakan sensasi menyentuh hewan-hewan peliaharaan di kebun binatang Gembira Loka.

Ragam Atraksi Hewan di Gembira Loka

Selain menikmati fasilitas yang tersedia cukup banyak di Gembira Loka, pengunjung juga bisa menikmati beragam atraksi hewan reptil seperti ular piton dan buaya. Anda tidak pelu takut dengan mereka karena hewan-hewan ini sudah terbiasa dengan keramaian dan sudah di didik sehingga tidak lagi berbahaya bagi pengunjung.

Buaya yang di pertontonkan adalah buaya-buaya kecil dan banyak pengunjung yang mencoba berfoto ria dengan anak-anak buaya tersebut. Sementara ular piton jinak juga menjadi salah satu atraksi yang banyak di gemari. Anda yang suka dengan atraksi ini bisa mengambil dan melilitkan ular tersebut di leher anda. Ini sungguh pengalaman luarbiasa apalagi anda berfoto dengan ular ini.

Ada lagi binatang yang bisa anda saksikan atransinya yaitu Iguana dan kura-kura. Anda juga bisa memegangnya dan mengambil photo dengan binatangn ini. Asik bukan!

Pemberian Makan Hewan di Kebun Binatang Gembira Loka

Ini adalah waktu pemberian makan hewan-hewan di Gembira Loka, menikmati para pawang kebun binatang gembira loka memberikan makanan binatang-bintang ini adalah sesuatu yang mengasyikkan juga, anda bisa melihat mereka memberi makan hewan loiar seperti harimau, Ikan Arapaima, Ular, pucuk hitam dan lain-lain hewan liar.

pemberian makan binatang di gembira loka
wego.co.id

Untuk hal yang satu ini pengunjung tidak di benarkan mendekat karena hewan ini adalah liar dan berbahaya bagi penonton. Jadi, pengunjung hanya bisa melihat dari jerak jauh saja.

Selain hewan-hewan yang sudah di sebutkan, ada juga hewan dan binatang lain yang tak kalah menarik untuk di tonton seperti beruang madu, kaka tua jambul, orang utan dan linsang. Atraksi binatang ini adalah seperti berdiri berjejer, berbaris, naik kendaraan/sepeda dan bernyanyi. Ini juga tidak perlu membayar tiket alias gratis, anda bisa mengambil poto dan mengambil video untuk hewan-hewan ini.

monyet naik sepeda
Monyet naik sepeda

Satwa dan Konservasi Gembira Loka

Aneka satwa bisa anda nikmati di kandang gembira loka mulai dari buaya, harimau, kak tua, ular, kura-kura, gajah dan lain-lainnya dari dekat tentu ketika mereka dalam kandangnya. Berbagai macam binatang liar yang taku mungkin kamu lihat di hutan atau tak mungki kami mendekat, tetapi di Gembira Loka semua ini tersaji di hadapan mata.

Di dalam kebun biatang ini ada juga Museum Zoo yang menjadi informasi center bagi pengunjung yang ingin mendapatkan informasi tentang aneka satwa dan sejarah dari awal berdirinya kebun binatang Gembira loka.

Juga, ada kebun botani yang menjadi tempat observasi terhadap aneka tumbuhan dan dunia flora yang cukup penting untuk kelangsungan makhluk hidup. Mengunjungi botani ini akan menambah wawasan tentang flora yang dimanfaatkan sebagai bioteknologi, cadangan genetik, penelitian, dan pendidikan.

Baca juga: Gili kondo lombok timur

Jalan Menuju Gembira Loka

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat hiburan gembira loka, kami akan membantu anda dengan rute yang mudah anda tempuh untuk sampai ke kebun binatang gembira loka.

Alamat nya di Rejowenangon dan untuk aksesnya sangat mudah di lakukan dari Jogjakarta. Anda bisa menggunakan mobil angkutan umum atau dengan mobil pribadi. Sama-sama bisa datang dan sampai kesana dengan mudah. Dengan angkutan umum, anda bisa berangkat dari terminal Giwangan dengan menggunakan Tran Jogja, ini bisa langsung sampai ke halte yang ada di depan Kebun satwa Gembira Loka.

Menggunakan jasa angkutan umum hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit, namun jika anda menggunakan mobil pribadi dan kesulitan mengikuti rutenya, anda bisa mengkases Google map sehingga mendapatkan peta yang akurat dan detail.

Jika tidak menggunakan GMap, anda yang menggunakan mobil pribadi, anda bisa menempuh jalan dari ring Road Timur ke arah barat hingga nanti melewati jalan monocatur. Sesampai disini, anda akan melihat jembatan besar dan kebun binatang gembira loka tepat berada dekat dengan jembatan besar ini. Namun kalau anda berangkat dair Malioboro, anda jalan terus dan belok kiri hingga sampai di kantor pos Indonesia. Jika sudah menemukan kantor pos, anda tinggal jalan sekitar 6 km lagi.