obat sakit gigi terbukti ampuh

Sakit gigi sangat menjengkelkan bukan hanya tidak bisa makan namun juga penyakit yang bersarang pada gigi ini juga bisa menyebabkan demam, tubuh meriang bahkan sakit kepala. Ketika sakit gigi menyerang, anda langsung butuh pertolongan dan obat untuk sakit gigi. Maka, alternatifnya adalah obat tradisional atau obat herbal dari rumahlah yang pertama bisa di gunakan. Maka penting untuk mengetahui apa saja bahan dari rumah yang bisa menyembuhkan sakit gigi atau setidaknya bisa menahan sakit gigi untuk sementara waktu sebelum anda bisa kedokter.

Dalam artikel singkat ini, kami akan menjelaskan berbagai cara ampuh mengobati sakit gigi baik dengan menggunakan herbal dari dapur atau menggunakan obat dokter.

Cara Terbukti Ampuh Obati Sakit Gigi di Rumah

Ketika di serang sakit gigi, sekarang kita bisa kedokter namun perlu diketahui jika sakit gigi sedang parah biasanya dokter tidak bisa langsung mengobatinya melainkan akan memerintahkana anda untuk kembali ketika sakit mulai berkurang. Memang aneh, tetapi inilah faktanya. Alternatifnya adalah menggunakan obat tradisional atau obat rumahan untuk mengobati sakit gigi sambil menunggu anda bisa kedokter.

Well, berikut adalah beberapa obat untuk mengobati sakit gigi secara alami yang bisa anda lakukan langsung dari rumah anda tanpa efek samping.

1. Kompres dengan es batu

Cara mengobati dan meredakan sakit gigi diantaranya adalah dengan mengompres menggunakan es batu. Ambil beberapa pecahan es batu dan masukkan kedalam plastik. Kemudian balus dengan kain tipis lembut dan kompress pada bagian pipi yang sakit giginya. Bisanya dengan cara meletakkan langsung es batu pada gusi yang sakit.

Selain mengompres, anda juga dianjurkan memijat bagian belakang telapak tangan yang berada antara ibu jari dan telunjuk. Disini terdapat saraf yang sensitfi terhadap dingin sehingga mengalahkan rasa sakit gigi anda. Jadi, sebenarnya tidak sakitnya yang hilang hanya saja sakitnya di tutupi oleh rasa dingin es batu. Ini bisa anda lakukan utnuk sementara sambil menunggu jadwal dokter gigi anda.

Pijatan tangan tersebut harus seirama dengan sisi sakit gigi, jika sakitnya sebelah kiri maka pijat di sebalah kiri.

2. Berkumur dengan air garam

Obat sakit gigi selanjutnya adalah berkumur dengan air garam dan konsentrasikan pada area yang sakit. Caranya cukup ambilkan garam sebanyak 1 sendok teh dan air hangat kuku sebanyak 240ml. Berkumurlah dengan air garam perlahan dan tujukan pada tempat atau gigi yang sakit, jika sudah selesai, buanglah air kumuran itu dan jangan di minum.

Resapan air garam oleh gusi akan membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Air garam juga di ketahui bisa mengurangi ifeksi dan penyebaran bakteri ke area lain. Lakukan pengobatan tradisonal untuk sakit gigi ini secara rutin setiap hari.

3. Cuka apel

Selain menggunakan garam, sakit gigi juga bisa di redakan dengan cuka apel namun anda tidak boleh berkumur secara langsung dengan cuka karena bisa merusak enamel gigi. Namun, cuka apel tersebut di campurkan dengan hangat terlebih dahulu.

Caranya sama seperti cara pada garam di atas, hanya saja disini kita menggunakan cuka. Ambil cuka apel sebanyak setengah sendok teh dan campurkan kedalam segelas air hangat kuku. Kemudian berkumur dengan air campuran tersebut dan konsentrasikan pada gigi yang sakit. Atau bisa juga tahan pada gigi yang sakit selama 30 detik atau lebih, lalu buang air kumuran.

Cuka memiliki rasa asam yang bisa menyebabkan bakteri mati dan musnah. Jika anda tidak suka berkumur dengan air cuka, anda bisa menggunakan cuka langsung pada gigi dengan cara meneteskan cuka dapur atau cuka apel pada bila kapas dan tempelkan pada gigi yang bermasalah.

4. Mengunyah bawang merah atau putih

Bawang adalah rempah yang mengandung antispetik dan anti mikroba dan baketri sehingga ampuh untuk mengobati bakteri pada gigi yang sakit. Caranya adalah dengan mengunyah bawang putih atau bawang merah dengan gigi yang nyeri atau sakit. Memang bawang putih terasa pedas membakar, anda bisa membakarnya pada arang untuk mengurangi rasa hot bawang putih. Selain bawang putih, bisa juga menggunakan bawang merah, kunyah bawang merah beberapa saat dan rasakan hasilnya.

Ketika mengunyah bawang, bawang akan melepas zat cairan atau minyak yang di sebut allicin, zat inilah yang membuat bakteri menjadi mati dan musnah.

5. Daun Jambu Merah

Selanjutnya, obat sakit gigi alami adalah daun jambu merah. Daun jambu mengandung anti septik, anti mikroba, dan berfungsi sebagai analgesik atau pereda nyeri.

Cara mengobati gigi sakit dengan daun jambu sangat mudah, anda tinggal mengabil beberapa daun jambu dan cuci bersih, lalu lipat beberapa bagian dan kunyah hingga daun mengeluarkan sarinya. Sari dari daun jambu ini baik untuk membunuh bakteri dan mikroba penyebab gigi sakit.

Jika anda tidak suka mengunyah daun jambu merah, sebagai gantinya anda bisa merebus beberapa daun jambu, tambahkan sedikit garam dan rebus hingga mendidih. Tunggu hingga dingin dan berkumurlah dengan air rebusan ini dan konsentrasikan pada area gigi yang sakit.

6. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh sudah umum di ketahui ampuh untuk mengobati sakit gigi sejak dahulu. Minyak dari rempah-rempah ini mengandung eugenol sebagai zat anestesi alami yang bermanfaat untuk mematikan saraf sementara. Namun, penggunaan minyak cengkeh harus hati-hati karena minyak ini bisa memberikan rasa sakit lebih parah jika terkena lidah atau gusi yang sensitif.

Untuk kemanan, sebaiknya anda menggunakan dulu tetesan minyak cengkeh pada kapas dan kemudian letakkan pada gusi yang sakit beberapa saat. Cara lain adalah dengan menggunakan bubuk cengkeh utuh pada gigi berlobang atau gusi bengkak, tahan beberapa saat dan berkumurlah dengan air seperti biasa.

Baca juga: Daftar Makanan Penderita Darah Rendah

Cara Ampuh Obati Sakit Gigi dengan Obat Dokter

Jika sakit gigi anda tidak mempan dengan obat alami seperti yang kita sebutkan diatas, mungkin inilah saatnya anda beralih ke obat resep dokter. Obat dokter bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik atau di depot terdekat, namun disarankan agar anda tetap berkonsultasi dengan dokter anda dalam penggunaannya.

Nah, jika obat kimia atau oabt dokter menjadi pilihan anda, maka lihatlah salah satu obat berikut ini.

1. Paracetamol

Salah satu obat dokter adalah paracetamol, ini adalah obat yang biasanya selalu ada di rumah untuk mengatasi jika anda keluarga yang sakit secara tiba-tiba. Paracetamol juga termasuk obat yang bisa meredakan sakit gigi. Coba anda lakukan jika banyak cara anda yang sembuh belum juga mengalami kesembuhan.

Diantara kegunaan paracetamol adalah mengurangi sakit kepala, menghilangkan nyeri dan bisa menyembuhkan demam. Namun demikian, obat ini tidak di perkenankan untukdi minum olah anda yang alergi dan sakit hati.

2. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah obat cair antiseptik untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Obat hidrogen peroksida di cairkan dan larutkan dengan air dan di jadikan sebagai obat kumur untuk menghilangkan nyeri sakit gigi.

Hidrogen peroksida tidak boleh langsung di gunakan tanpa di larutkan terlebih dahulu karena bisa menyebabkan luka atau sakit gusi. Tak hanya bermafnaat untuk membunuh bakteri, hidrogen peroksida juga berguna untuk menghilangkan bau mulut. Caranya sama yaitu dengan berkumur dengan air larutan hidrogen peroksida.

3. Ibuprofen

Obat dokter lainnya untuk menyembuhkan sakit gigi adalah nibuprofen. Ibu profem sama seperti acetaminophen, kedua tergolong dalam NSAID yang berguna untuk menghilangkan sakit gigi. Ini adalah obat keras, jika di minum dalam keadaan perut kosong maka bisa menyebabkan luka lambung.

Baca aturan pakai sebelum menggunakan obat ini, jangan pula mendoublekan dosisnya dengan harapan agar cepat sembuh karena ini bisa menimbulkan hal yang tak di inginkan. Jika setelah minum ibuprofen anda merasakan kesembuhan, segera berhenti meminumnya karena untuk menghindari efek buruk dari yang di timbulkan.

4. Naproxen

Ini adalah obat pereda nyeri yang biasa di gunakan untuk menghilangkan sakit gigi, biasanya tersedia dalam bentuk tablet ukuran 220mg. Salah satu obat yang tergolong dalam Naproxen adalah Xenifar.

Namun demikian, Naproxen adalah obat dengan efek samping menakutkan, diantaranya adalah sakit perut, diare, mulas ringan, kulit gatal-gatal, sakit kepala, penglihatan menjadai kabur dan kulit memerah. Untuk menghidari efek samping yang di timbulkan, anda harus berhati-hati mengkonsumsi obat ini.

Jika anda sedang minum Naproxan, maka tidak boleh melakukan operasi pencabutan gigi, ini harus anda beritahu kepada dokter gigi jika anda mengkonsumsinya.

Itulah beberapa cara mengobati sakit gigi mulai menggunakan bahan tradisional hingga menggunakan obat dari dokter yang menganddung bahan kimia. Maka, jika anda mengalami sakit gigi, sebaiknya jangan langsung menggunakan obat dokter tetapi gunakan dulu obat atau herbal dari rumah, jika obat ini tidak sanggup menjadi solusi baru anda menggunakan obat dokter.