suku di Indonesia
Suku Makasar, suku di Indonesia

Suku di Indonesia – Indonesia adalah negara besar dengan luas wilayah 1.990.250 km² dengan beragam suku bangsa di dalamnya. Suku bangsa adalah sebuah kelompok manusia yang memiliki kesamaan antara satu anggota dengan yang lain. Biasanya kesamaan tersebut adalah dari sisi keturunan, bahasa, ciri ciri biologis, atau dari perilaku dan budaya.

Sebagai negara luas yang membentang dari Sabang hingga marauke, Indonesia memiliki ribuan suku didalamnya. Berdasarkan data dari BPS tahun 2010, suku bangsa di Indonesia adalah 1340 suku, termasuk didalamnya suku-suku pedalaman dan suku besar. Diantara suku besar yang ada di Indonesia adalah jawa, Aceh, Sunda dan lain-lain. Sementara suku kecil seperti suku pedalaman banten yang di sebut suku baduy.

Berikut kita lihat ragam suku bangsa di Indonesia dan daerah-daerahnya. Dalam tabel tidak semuanya tercantum, masih ada beberapa suku lagi yang belum di masukkan kedalam tabel.

Tabel Suku Bangsa di Indonesia

Itu hanya beberapa suku bangsa saja yang sudah sering di dengar dan di bicarakan. Namun di luar itu masih banyak lagi suku-suku yang mendiami negara luas bernama Indonesia. Sekarang kita lihat penjelasan beberapa suku besar di Indonesia. Semoga menjadi bahan pembelajaran dan tambahan ilmu pengetahuan bagi kita semuanya.

Suku-Suku Besar di Indonesia

1. Suku Aceh

Aceh adalah salah satu suku yang ada di Indonesia. Mereka adalah sekelompok orang yang mendiami daerah pesisir sumatra bagian paling barat (Aceh), dan sebahagiannya di daerah pedalaman sumatra. Umumnya suku Aceh adalah orang yang beragama Islam. Bahasa sehari-hari orang Aceh adalah bahasa Aceh yang serumpun dengan bahasa Melayu-Polinesia Barat. Bahasa ini juga masih kerabat dengan bahasa Cham yang di tuturkan di Vitnam dan Kaboja. Suku Acehnya mayoritasnya atau bahakan 100% adalah orang Islam bermazham Syafi’e.

Nama lain dari suku Aceh adalah Lam Muri, Achin, Lambri, A-tse Akhir, Asji dan Atse. Suku Aceh berjumlah 3.526.000 jiwa yang sebahagian besarnya menetap di provinsi Aceh. Sementara jumlah suku Aceh berdasarkan data sensus sensus BPS 2010 oleh Aris Ananta, jumlah orang Aceh di Indonesia adalah 3.404.000 jiwa. Selain yang menetap di Indonesia, ada juga diaspora suku Aceh yang hari ini berada di Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Australia, Kanada, Amerika Serikat, Paraguay, Jerman dan negara-negara Skandinavia. [baca: www.wikiwand.com/id/Suku_Aceh]

2. Suku Jawa

Jawa adalah salah satu nama suku bahkan suku jawa merupakan suku paling besar di Indonesia yang mencakupi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tak hanya, di luar Indonesia ada juga yang namanya suku jawa yaitu mereka yang hidup di Suriname Amerika Selatan. Suku jawa yang hari ini tinggal di Suriname sudah berasal dari sejak masa kolonial Belanda, mereka adalah orang kiriman untuk bekerja disana.

3. Suku Sunda

Sunda atau suku sunda adalah suku yang mendiami provinsi Jawa Barat. Setelah suku Jawa, ada suku Sunda yang merupakan salah satu suku terbesar, dikatakan terbesar kedua setelah Jawa.

Sunda terkenal sebagai suku yang akrab dengan kesenian alat musik tradisional mereka, yaitu angklung. Mereka juga memiliki alat musik lain yaitu Karinding.

4. Suku Madura

Madura ternyata juga merupakan suku terbesar di Indonesia, mereka mendiami sebahagian daerah Jawa Timur. Di kawasan jawa timur juga ada suku lainnya yang di sebut Suku Osing, atau pun Tengger. Namun Madura adalah termasuk terbesar populasinya di bandingkan dengan yang lain.

Etnis Madura cukup banyak, hal ini bisa di lihat dari jumlah populasinya pada tahun 2014 lalu yaitu 20.179.356. tentu sekarang telah bertambah lagi.

5. Suku Batak

Selanjutnya, suku di Indonesia adalah Batak. Ini adalah sebuah suku yang berada di Sumatra Bagian Utara tepatnya daerah Batak karo, Batak Fakfak, Melayu, Maya-maya, Batak Toba, batak Angkola, Batak Simalungan, Nias, dan Batak
Mandailing.

Suku Batak yang ada di sumatra Utara terbagi kepada beberapa suku yaitu Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungan, Batak Angkola, Batak Pakpak, dan Batak Mandailing.

6. Suku Betawi

Selanjutnya, ada suku Betawi yaitu suku yang berasal dari daerah DKI Jakarta selain dari suku yang sudah kita sebutkan tadi (Jawa dan sunda).

Betawi terkenal dengan permaian boneka jumbo khasnya atau disebut dengan ondel-ondel.

7. Suku Minangkabau

Minangkau adalah nama suku yang mendiami daerah sumatra Barat, suku ini disebut juga denga suku minang. Namun daerah sumatra barat tidak semuanya terdiri dari suku minang. Ada suku lain yang melengkapi populasi di sumatra Barat yaitu Melayu, suku Tanjung Kato, suku Mentawai, suku Panyali, suku Sikumbang, suku Caniago, atau disebut Gusci.

Sama seperti Aceh, suku minangkabau di dominasi oleh mereka yang beragama Islam, dari cerita yang didengar-dengar, orang minang kadang juga disebut dengan orang Padang. Kalau meereka mennyebutnya dengan urang awak yang artinya orang minang.

8. Suku Bugis

Selanjutnya, suku besar di Indonesia adalah suku Bugis yang berada di Sulawesi Selatan. Selain suku bugis, daerah sulawesi selatan juga di diami oleh suku lain yaitu Suku Toraja, Suku Sa’dan dan suku Mandar. Kata bugis itu sendiri berasal dari bahasa mereka To Ugi yang artinya orang bugis.

9. Suku Melayu

Suku did Indonesia juga termasuk suku melayu yang mendiami daerah Bangka Belitung. Daerah provinsi Bangka Belitung juga didiami oleh suku-suku lainnya seperti Sunda, Jawa, Madura, Bugis, Banten, Banjar, Palembang, Minang, Aceh, Flores, Manado, bahkan Maluku. Suku melayu ssendiri berasal dari sebuah kerajaan Malaya yang terkenal di daerah tersebut tepatnya di daerah Sungai Batang Hari. Dalam sejarahnya, kerajaan Malaya tertakluk dan berada di bawah kerajaan Sriwijaya.

10. Suku Arab

Suku Arab yang mendiami Indonesia umumnya berasal dari keturunan antara Indonesia dan Arab. Suku ini tersebar di seluruh Indonesia terutama di kota kota besar namun pada suatu area tertentu seperti Jakarta yaitu di area Pakojan, kalau di Bogor berada di area Empang, Surakarta di kawasan Pasar Kliwon, yang di Surabaya berada di kawasan Ampel, Gresik di tinggal kawasan Gapura, Suku Arab Malang tinggal di kawasan Jagalar, Arab Cirebon tinggal di kawasan Kauman, Arab Mojokerto di kawasan Kauman, yang tinggal di Yogyakarta berada di area Kauman, Suku Arab Probolinggo tinggal di area Diponegoro dan Bondowoso.

Bukan hanya di kota besar tersebut saja, namun suku Arab juga tersebar di kota-kota lainnya seperti Aceh, artinyaPalembang, Banjarmasin, dan tempat-tempat lain.

11. Suku Banten

Ini adalah suku yang berasal dari bekas kerjaan Banten di masa lalu. Mereka umumnya orang Sunda namun di kategorikan sebagai suku Banten. Mereka juga menggunakan bahasa Banten yang asalnya juga dari bahasa Sunda. Bedanya adalah bahasa banten di klasifikasikan sebagai bahasa sunda kasar.

12. Suku Bali

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang ibukotanya adalah Denpasar yang dulu disebut kerajaan Singaraja. Jadi, suku Bali itu adalah orang-orang yang mendiami provinsi Bali. Namun suku Bali ini di bagi dua ada yang asli dan ada yang bukan penduduk asli. Suku Bali Asli di sebut dengan Bali Aga dan yang lain disebut dengan Bali Majapahit.

13. Suku Banjar

Suku di Indonesia selanjutnya adalah suku Banjar. Suku Banjar adalah sekumpulan orang-orang yang mendiami sebahagian daerah Kalimanatan Selatan. Selain dari suku Banjar, di sana aada juga suku lainnya seperti suku Ngaju, Suku Bakumpai, Suku Maanyan, Suku Bukit, Suku Deyah, Suku Dusun, Suku Aba, Suku Balangan, suku Dayak, Suku Melayu dan suku lainnya.

Suku banjar sendiri diperkirakan hanya berjumlah 4.1 juta jiwa dan hanya 2.7 juta jiwa yang mendiami kalimantan selatan dan selebihnya berada di tempat lain secara tersebar.

14. Suku sasak

Sasak adalah suku yang berada dikawasan Nusa Tenggara Barat (NTB). Nama sasak berasal dari kata sak-sak yang artinya sampan. Dalam kitab Kartagama, kata sasak dianggap merupakan satu kesatuan dengan Lombok yang disebut dengan nama Lombok sasak MIrah Adhi.

Sementara yang didengar di lisan masayarakat setempat, mereka mengatakan bahwa sasak adalah berasal dari kata sa’saq yang artinya satu. Sementara lombok berasal dari kata Lomboq yang artinya lurus.

15. Suku Dayak

Selanjutnya, duku di Indonesia yang terkenal adalah suku dayak yang mendiami Kalimantan. Kalimantan tidak hanya didiami oleh suku dayak saja, namun juga di diami oleh suku Ulu Aer, Suku Manyuke, Suku Kayau, Suku Mbaluh dan lain-lainnya. Suku dayak adalah suku pedalaman yang berada di pulau Kalimantan, suku ini masih terkenal dengan ilmu magis-nya yang sangat kental bahkan dalam berbagai upacara adat ilmu magis menjadi khas bagi mereka.

Namun demikian, belum banyak yang tahu tentang misteri suku ini dan bagaimana asal usul mereka.

Baca juga: Pakaian Adat dari Beberapa Provinsi di Indonesia

16. Suku Tionghoa

Tionghoa adalah salah satu suku besar juga di Indonesia, mereka adalah sekumpulan orang yang bermigrasai dari China ke Indonesia. Ini sudah terjadi sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu terutama yang terjadi pada abad ke 16-19 M.

Awal mula suku Tionghoa yang datang ke Indonesia adalah dengan tujuan untuk berdagang. Namun, ramainya pasar waktu itu menyebabkan mereka tinggal di kawasan Indonesia, dan hingga sekarang mereka menjadi penduduk Indonesia namun dengan suku Tionghoa.

17. Suku Makasar

Suku Makasar adalah suku di Indonesia yang menempati daerah sulawesi di pesisir selatan. Ada juga orang setempat yang menyebutnya dengan nama Mangkasara yang artinya orang yang prinsipnya terbuka. Mereka juga terkenal sebagai bangsa penakluk dan suka berperang di laut.

Abad 14 hingga 17 lalu, suku Makasar di kenal sebagai simbolterhadap kerjaan Goa. Wilayahnya luas dan penuh dengan armada laut yang luarbiasa hingga bisa membentuk sebuah imperium yang berdasarkan agama islam.