Panjang lapangan sepak bola

Berapa sih ukuran lapangan sepak bola yang sesuai standar international? Sebagaimana kita tahu bahwa permainan sepak bola di lakukan atau di adakan di lapangan terbuka dengan ukuran panjang dan lebar tertentu yang sudah menjadi kesepakatan dan standar International. Maka setiap kali ada pertandingan sepak bola, ia harus di adakan di lapangan yang memenuhi ukuran tersebut. Oleh karena itu, ukuran lapangan sepak bila sangat penting di perhatikan demi suksesnya acara pertandingan.

Ini mungkin berbeda dengan permainan sepak bola yang dilakukan oleh anak-anak dengan teman-teman sekalian yang hanya tujaunnya untuk olaharaga saja atau bermain-main. Ukuran lapangan sama sekali tidak menjadi masalah bahkan teman-teman sama sekali tidak memperhatikan ukuran lapangan sepak bila, yang penting ada tanah lapang maka permianan bisa di mainkan. Sementara sepak bola yang sudah di atur oleh organisasi sepak bola seperti PSSi atau seperti FIFA, maka mulai dari lapangan dan segala hal lainnya harus memenuhi kriteria dan aturan yang telah di tetapkan.

Ok, pada tulisan ini kita akan melihat ukuran sebenarnya dari lapangan sepak bola, semoga saja setelah membaca artikel ini kita memiliki pengetahuan tentang lapangan sepak bola terutama ukuran lapangannya baik itu panjang atau lebarnya.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Lapangan sepak bila disebut juga dengan lapangan hijau yang di tumbuhi rumput atau di tanami rumput tertentu yang membuat lapangan menjadi enak untuk di gunakan. Pada setiap bagian tengah dari lebar lapangan akan ada dua tiang yang di tancapkan sebagai gawang.

Gawang adalah sasaran dari setiap permainan, dimana pemaian bola harus bisa memasukkan bola ke dalam gawang, dan pemain harus mencari cara agar bola yang di bawa masuk ke gawang tidak bisa di tangkap oleh penjaga gawang. Siapa saja yang mampu memasukkan bola ke gawang maka dia atau kesebelasan inilah yang menang dalam pertandingan sepak bola.

Itulah tujuan dari permainan sepak bola, membuat beragam strategi, beragam latihan yang tujuannya adalah bisa memasukan bola kedalam gawang. Ok, berhubungan dengan ukuran lapangan sepak bola, lapangan hijau ini memiliki ukuran sebagai berikut:

Panjang Lapangan Sepak Bola

FIFA sebagai induk olah raga bola kaki dunia telah membuat aturan untuk ukuran lapangan sepak bola. Dimana lapangan yang tidak memiliki ukuran sebagai yang telah di sebutkan tidak bisa di gunakan dalam pertandingan sepak bola baik di tingkat Nasional atau International.

Panjang ukuran lapangan sepak bola yang sesuai dengan ketentuan FIFA adalah 90 meter hingga 120 meter. Ini adalah ukuran minimal dan ukuran maksimal dari lapangan bola. Artinya, sebuah lapangan sepak bola tidak boleh ukuran panjangnya di bawah 90 meter dan tidak boleh melebihi atau lebih dari 120 meter.

Itulah sebabnya, lapangan sepak bola di Indonesia ukurannya antara 100 hingga 110 M. Misalnya ukuran panjang lapangan sepak bola di stadion Gelora Bung Karno adalah 105 meter. Demikian halnya dengan negara-negara lainnya juga menggunakan ukuran kebiasaan ini yaitu antara 100 hingga 110M.

Beberapa Stadion terkenal yang menggunakan ukuran panjang lapangan seperti di atas adalah:

  • Stadion Old Trafford markas klub Manchester United memiliki ukuran panjang lapangan 105 meter
  • Stadion Anfield markas klub Liverpol memiliki panjang lapangan sepak bola 101 meter
  • Stadion Santiago Bernabeu markas klub Real Madrid, panjang lapangannya adalah 108 meter
  • Stadion Nou Camp markas klub Barcelona dibuat dengan panjang lapangan 106 meter.

Lebar Lapangan Sepak Bola

Selain ukuran panjang lapangan, juuga ada ketentuan dari FIFA tentang ukuran lebar lapangan sepak bola. Sebuah Lapangan sepak bola yang di buat untuk pertandingan, ia harus memiliki ukuran lebar 45 meter hingga 90 meter. INi adalah ukuran minimal dan maksimal.

Artinya, ukjuran lebar lapangan sepak bola tidak boleh di bawah 45 meter dan tidak boleh juga lebih dari 90 meter.

Namun kebanyakan lapangan yang ada di Indonesia dan di negara-negara lain menggunakan ukuran lebar lapangan antara 60 M hingga 70 M. Misalnya, stadion Gelora Bung Karno yang menggunakan ukuran lebar 68 Meter. Ini juga yang terjadi pada lapangan-lapangan terkenal lainnya di dunia seperti beberapa lapangan berikut ini.

  • Stadion Old Trafford dengan memiliki lebar lapangan 68 meter
  • Stadion Anfield memiliki lebar 68 meter
  • Stadion Santiago Bernabeu punya lapangan dengan lebar 72 meter
  • Stadion Nou Camp dengan lebar lapangan 70 meter.

Gambar lapangan Bola Kaki

Berikut kami tampilkan gambar lapangan sepak bola lengkap dengan ukurannya sesuai dengan aturan dari FIFA, semoga dengan adanya gambar lapangan sepak bola ini bisa memudahkan kita untuk tahu tentang ukuran lapangan bola kaki.

Panjang lapangan sepak bola