manfaat asmaul husna

Asmaul husna atau nama nama indah Allah. Sebagai muslim yang ta’at beragama tentu mengetahui dan manghafalkan asmaul husna adalah sebuah keniscayaan. Bukan sekedar bisa menghafalkan namun asmaul husna ini perlu di amalkan karena memiliki hikmah dan manfaat luarbiasa. Bagi yang mengetahui 99 nama nama Allah, Allah akan memberikan manfaat termasuk salah satunya adalah selamat dari marabahaya. Maka, tidak salah jika kita menggalakkan menghafal dan membaca asmaul husna baik dengan menggunakan irama atau tidak. Salah satu cara yang sudah di upayakan dalam menggalakkan masyarakat menghafal asmaul husna adalah dengan melukis nama nama Allah pada pinggir jalan secara berjejeran. Salah satu daerah yang sudah mencoba dan menerapkan hal ini adalah Aceh. Ini bisa di lihat dari berjejernya pamplet yang bertuliskan Asmaul husna di pinggir jalan raya atau jalan setapak.

Pentingnya mengetahui Asmaul Husna bukan tidak ada sandaran dari firman Allah SWT. Ada dalilnya, maka sepantasnya kita membiasakan membaca asmaul husna di rumah-rumah agar menjadi contoh bagi anak-anak kita. Berikut firman Allah Swt tentang asmaul husna.

Daftar Isi Artikel

Nama Nama Allah Asmaul Husna

1. Firman Allah Tentang Asmaul Husna

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Tulisan latin: Wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad’ụhu bihā wa żarullażīna yul-ḥidụna fī asmā`ih, sayujzauna mā kānụ ya’malụn

Artinya: “Milik Allah lah nama-nama asmaul husna itu, maka selalu bermohonlah kepadaNya dengan selalu menyebutkan nama-namaNya. Tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari jalan kebenaran, Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S al A’raf 7:180)

Selain ayat di atas, dalam surat al-Hasyar, Allah juga berfiman terkait dengan asmaul husna, berikut firman Allah SWT surat 59 ayat 24.

هو اللّٰہُ الۡخَالِقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ لَہُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰی ؕ یُسَبِّحُ لَہٗ مَا فِی السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضِ ۚ وَ هوَ الۡعَزِیۡزُ الۡحَکِیۡمُ

Tulisan latin: Huwallahul khaaliqul baari-ul mushau-wiru lahul asmaa-ul husna yusabbihu lahu maa fiis-samaawaati wal ardhi wahuwal ‘aziizul hakiim(u)

Artinya: “Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Hashr 59:24)

2. Pentingnya Mengetahui Nama-Nama Allah (Asmaul Husna)

Sepertinya tiada yang lebih penting daripada mengetahui nama-nama Allah yang menunjukkan bahwa Allah bersifat demikian dengan sifat sempurna. Allah adalah tuhan yang patut dan layak disembah dan hanya Allah-lah Tuhan yang benar untuk disembah, sementara yang lain dari Allah bukanlah tuhan atau itu hanyalah makhluk yang di ciptakan oleh Tuhan Allah. Jadi, mengetahui asmaul husna adalah bentuk dan upaya kita mengenal Allah lewat nama dan sifatNya.

mengenal Allah tidak sama seperti mengenal makhluk yang bisa di tafsirkan zatnya, Allah adalah maha sempurna yang zatnya tidak bisa di pikir-pikirkan dan ditafsirkan. Maka, satu satunya cara mengenal Allah adalah dengan mengenal sifat dan nama-nama indahNya. Dengan mendalami sifat Allah dan Nama indahnya, seorang hamba akan semakin kenal dengan Tuhannya sehingga ia akan semakin dekat dalam segala hal baik dalam meminta atau dalam beribadah. Maka, dari sekilas penjelasan ini, sangat penting bagi kita untuk menghafal dan mengenal asmaul husna dengan benar.

nama nama inshda Allah asmaul husna

Mengetahui nama nama Allah akan membuat hamba semakin percaya bahwa Allah adalah benar-benar Tuhan dan selain-Nya bukanlah tuhan. Maka tidak dapat disangkal bahwa mengetahui nama Allah adalah sesuatu yang sangat penting bagi setiap muslimin dan muslimat.

Selanjutnya, manfaat mengetahui nama-nama Allah adalah meningkatkan keimanan seorang hamba kepada Tuhannya, dengan semakin cinta dan kenal siapa Tuhan, maka hamba akan semakin dekat dengan Tuhannya dalam bentuk ubudiyah dan pada gilirannya, keimanan akan terus bertambah. Lewat sifat dan nama-nama indah Allah, kita paham betul bahwa tidak ada satupun makhkluk yang mempunyai sifat seperti itu dari sisi kamalatnya. Maka, sebutlah Allah saja sebagai Tuhan dan yang lain bukanlah Tuhan.

3. Kedudukan Asmaul Husna dan Sifat Allah

Memahami asmaul husna adalah sebuah pintu mulia yang dicapai seorang hamba. Tiada yang paling mulia selain menganl Allah, dan mengenal Allah adalah lewat sifatNya dan Nama IndahNya. Berusaha untuk menghafalkan asmaul husna adalah sebuah cara yang cukup mulia dalam membentuk diri hamab sebagai hamba yang bertakwa dan meneganl Allah.

Mengenal Allah atau Arif billah adalah tingkat paling tinggi, ketika seseorang telah sampai ke tingkat itu ia akan merasa segala sesuatu itu tidak ada harga selain mendapat Ridha Allah. Dunia yang demikian megah tidak ada harga sama sekali, namun sebaliknya akhiratlah yang perlu di rebut dan di kejar karena itu adalah kehidupan kekal abadi. Orang yang telah mengenal Allah SWT, ia tidak akan melakukan sesuatu kecuali karena Allah, baik itu perintahNya atau laranganNya.

Seseorang yang sudah mengenal Tuhannya, maka keimanannya juga akan bertambah kuat. Namun semua ini adalah karunia Allah. Allah akan memberikan kemampuan kepada hamba yang di pilihNya untuk bisa menghafal dan memahami asmaul husna. Berbekal makrifah yang kuat, maka ibadah seseorang juga akan menjadi kuat dan seseorang itu akan semakin cinta kepad Allah dan ini akan terefleksi dalam setiap amalnya.

4. Faedah Menghafal dan Membaca Asmaul Husna

Nama-nama Allah atau asmaul husna penuh dengan hikmah dan manfaat. Maka menghafalnya adalah sesuatu yang perlu di galakkan. Berikut kami muat beberapa faedah menghafal asmaul husna.

Membuka pintu rezeki. Untuk mendapatkan segala hajat dan cita-cita memang tidak boleh jauh dari usaha. Namun hanya menghandalkan usaha semata itu adalah sombong karena yang memberikan segala kebutuhan kita adalah Allah bukan usaha kita. Allah bisa memberikan sesuatu lewat usaha atau tanpa usaha. Namun sudah sunnatullah Allah memberikan kesuskesan setelah usaha dan kerja keras serta doa yang di panjatkan.

Salah satu bentuk do’a yang paling baik adalah do’a atau memohon kepada Allah dengan menyerukanNya lewat asmaul husna. Jika setiap hari kita membiasakan membaca asmaul husna dan di iringi dengan kerja keras, maka pintu rezekinya akan terbuka lebar serat akan terus mendapatkan banyak rezeki dari Allah SWT.

Membaca Asmaul husna mencerdaskan otak. Bagi seorang pelajar di pondok atau seorang siswa yang ingin cepat menangkap pelajar dan menghafal pelajar. Maka membiasakan dan menghafal asmaul husna adalah kuncinya. Salah satu khasiat membaca asmaul husna itu adalah mencerdaskan otak dan memberikan kepandaian.

Merutinkan membaca asmaul husna bisa menyeimbangkan kecerdasan otak kanan dan kiri. Ii sungguh sebuah keajaiban yang diberikan Allah. Bahkan, dalam asmaul husna itu terdapat nama-nama yang menujukkan kepada kecerdasan seperti al alimu, al ‘aliyyu, dan al hakimu. Maka, biasakanlah membaca nama indah Allah karena selain diberikan pahala juga mendapatkan banyak faedah dan manfaat.

Membacakan asmaul husna mendapatkan ampunan Allah. Selanjutnya, nama nama Indah Allah ini memiliki kemuliaan yang luarbiasa bagi yang mampu menghafal dan membacakannya setiap hari. Allah akan memberikan ampunan kepada siapa saja yang selalu membacakan asmaul husna. Kita tidak bisa memungkiri bahwa selalu dalam dosa, hampir setiap hari selalu saja dosa yang kita perbuat. Salah satu cara menghapuskan dosa adalah membacakan asmaul husna dan mentadabburkan maknanya, seraya memohon kepada Allah lewat namaNya al-‘Afuwwu, dan al ghaffaru untuk di ampunkan dosa-dosa kita.

Membacakan asmaul husna menghindari lupa. Lupa adalah kodrat manusia, jadi manusia tidak hanya tempat salah dan dosa namun juga sering mengalami lupa, baik dalam shalat atau di luar shalat. Inilah sebabnya manusia di sebut dengan الانسان artinya lupa. Namun ada cara untuk meminimalisir lupa dan menghilangkan. Caranya adalah dengan mengamalkan asmaul husna atau merutinkan membacakan asmaul husna setiap harinya.

Mengendalikan nafsu. Ada hikmah dan faedah luarbiasa lain dari menghafal asmaul husna, ini adalah mengendalikan nafsu jahat kita. Dengan kata lain, siapa saja yang sering di tipu oelh nafsunya dan sering menuruti nafsu jahatnya dan nafsu kejinya, maka sering-seringlah membaca asmaul husna karena ini bisa menjadi obat untuk mengendalikan nafsu kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa nafsu adalah suatu keniscayaan, namun manakala nafsu ini mengajak kepada perbuatan keji dan mungkar manusia bisa masuk kelembah hina bahkan lebih hina dari binatang yang tidak memiliki akal. Maka, untuk bisa mengendalikan dan mendidik nafsu kita bisa mengamalkan nama-nama Allah atau asmaul husna, insya Allah lewat amalan ini, Allah akan memberikan kita taufiknya dalam mencegah perbuatan keji dan mungkar.

5. Manfaat Asmaul Husna 99 Nama-Nama Indah Allah

1. Ar – Rahmaan الرحمن (Maha Pemurah) – Asmaul Husna

Apa manfaatnya? Siapa saja yang merutinkan membaca “Ya Rahmaan” sebanyak 100 kali setelah selesai shalat fardhu, maka dengan izin Allah akan hilang sifat lalai dan lupa dari jiwanya.

2. Ar – Rahiim الرحيم (Maha Penyayang) – Asmaul Husna

Membacakan Ya Rahman Ya rahiim setiap selesai sholat sebanyak 100 kali bisa menjauhkan seseorang dari jatuh dalam perbuatan yang tidak disukainya.

3. Nama Al – Malik الملك (Maha raja) – Asmaul Husna

Manfaat membacakan asmaul husna ‘al-Malik” adalah dibersihkan hatinya dari kotoran dunia. Caranya adalah membaca al Malik sebanyak seratus kali ketika matahari tergelindir. Amalkan jika anda ingin hati bersih dan bebas dari kotoran dosa.

4. Al – Qudduus القدوس (Maha Suci)

Selain membaca al Malik, untuk mendapatkan hati bersih kita juga bisa membaca “yaa Qudduus” sebanyak seratus kali dalam setiap harinya. Dengan membaca asmaul husna ini maka hati akan bersih dari segala pikiran yang mengundang kesulitan dan penderitaan. Bagi yang membaca asmaul husna sebanyak-banyaknya setiap hari, Allah akan membersihkan hatinya dari segala penyakit ruhani.

5. As – Salaam السلام (Maha Sejahtera, Yang Memberikan Kesejahteraan) – Asmaul Husna

Nama indah ini bermanfaat untuk menghilangkan bencana dan penyakit. Maka, jika di bacakan sebanyak 120 kali pada orang yang sedang sakit maka dengan Allah penyakitnya akan sembuh selama belum tiba jaalnya. Demikian juga di bacakan sebanyak 136 kali pada orang sakit dengan mendengungkan suara serta menengadahkan tangan di atas kepala orang sakit. Insya Allah dengan izin Nya, orang sakit itu akan sembuh dari penyaktinya.

6. Al – Mu’min المؤمن (Maha Mengaruniakan Keamanan) – Asmaul Husna

Siapa saja yang membacakan asmaul husna ini sebanyak 630 kali ketika di dera ketakutan, maka Allah akan melindunginya dari semua bencana, kerugian dan kecelakaan. Jika seorang hamba menulis asma ini di atas kertas atau mengukirnya di atas cincin perak dan dipakai, maka dengan izin Allah ia akan diselamatkan jasmani dan rohaninya.

7. Al – Muhaimin المهيمن (Maha Memelihara, Yang Maha Melindungi)

Siapa saja yang membacakan Muhaimin المهيمن sebanyak 100 kali sesudah mandi dan shalat dua rakaat dengan memusatkan perhatian kepada Allah, maka Allah akan menyucikan lahir batinnya. Dengan izin |Allah, ia juga akan melihat hal-hal ghaib.

8. Al – ‘Aziiz العزيز (Maha Perkasa) – Asmaul Husna

Siapa saja yang merutinkan zikir asma Allah ini selama 40 hari dan tiap harinya sebanyak 40 kali, maka Allah akan memuliakannya dan membantunya. Maka, ia sama sekali tidak membutuhkan bantuan makhluk.

9. Al – Jabbaar الجبار (Yang Maha Berkuasa, Maha Memaksa) – Asmaul Husna

Siapa saja yang percaya dengan sungguh-sungguh bahwa hanya Allah yang punya kekuatan, dan ia mengharapka Allah memberikan kekuatan kepadanya, maka hendaknya ia membacakan ya Jabbar sebanyak 21 kali di pagi dan petang. Insya Allah ia akan terhindar dari perbuatan aniaya orang shalim kepadanya.

10. Al – Mutakabbir المتكبر (Maha Megah, Yang Mempunyai Keagungan dan Kesombongan) – Asmaul Husna

Bagi seseorang yang membaca ism “yaa Mutakabbir” sebanyak 10 kali sebelum ia melakukan jimak dengan isterinya, maka ia akan di karuniai anak yang shaleh. Siapa saja yang secara rutin dan istiqamah membaca asma ini maka Allah akan memuliakannya dan memberikannya keagungan.

11. Al – Khaaliq الخالق (Maha Pencipta)

Allah akan menciptakan seorang Malaikat yang mendoakannya hingga hari kiamat jika ia membacakan asma Allah ini dan memahami maknanya. Nama Allah ini juga bermanfaat untuk menerangi hati dan membuat wajah bersinar.

12. Al – Baari’ البارئ (Maha Mengadakan, Yang Merencanakan Segala Sesuatu) – Asmaul Husna

Bagi yang membiasakan membacakan asmaul husna ini, maka Allah akan memberikannya seorang anak laki-laki. Ini sangat manjur bagi orang yang mandul dan dalam usaha untuk mendapatkan buah hati.

13. Al – Mushawwir المصور (Maha Pembentuk) – Asmaul Husna

Asmaul husna ini juga bermanfaat dalam usaha seseorang untuk mendapatkan si buah hati. Maka perbanyakkan membaca ism (nama) ini dalam segala hal.

14. Al – Ghaffaar الغفار (Maha Pengampun) – Asmaul Husna

Siapa saja yang membaca “al-Ghaffar” sebanyak seratus kali (100 kali) setelah shalat jumat, maka segala dosanya akan di ampuni pada seminggu sebelumnya. Ketika seseorang di gandrungi oleh amarah, dan ia ingat akan asma Allah ini maka amarahnya akan segara padam.

15. Al – Qahhaar القهار (Maha Mengalahkan) – Asmaul Husna

Untuk memebebaskan dirinya dari hawa nafsu, maka seseorang bisa membacakan asmaul husna ini secara ikhlas karena Allah. Maka dirinya akan kuasa untuk dibebaskan dari kungkungan hawa nafsu dan hasrat duniawi.

16. Al – Wahhaab الوهاب (Maha Pemberi) – Asmaul Husna

Bagi orang yang miskin hendaklah ia membacakan asma Allah ini sebagai ta’wiz. Bisa juga membacakan asmaul husna ini sebanyak 40 kali dalam sujud terakhir shalat dhuha. Insya Allah ia akan di berikan jalan kelapangan rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka.

17. Ar – Razzaaq الرزاق (Maha Pemberi Rezeki) – Asmaul Husna

Jika seseorang percaya dengan penuh hati bahwa rezeki itu adalah dari Allah dan ia butuh terhadap rezeki itu, maka hendaknya setioap selesai dari shalat shubuh ia membaca “Ya razzaq” sebanyak 10 kali pada sudut rumahnya, Insya Allah ia akan mudah rezekinya dengan izin Allah.

18. Al – Fattaah الفتاح (Maha Pembuka, Yang Menghilangkan Kesulitan dan Pemberi Keputusan)

Letakan tangan di dada setelah shalat subuh dan bacakan asmaul husna ini sebanyak 70 kali. Insya Allah ia akan bersih dari hayalan, egoisme, kejahatan, dan bentuk kotoran lainnya. Memudahkan urusannya dan di terangkan jiwanya.

19. Al – ‘Aliim العليم (Maha Mengetahui)

Siapa saja yang membaca asmaul husna ini sebanyak 100 kali setelah shalat fardhu secara istiqamah, maka ia akan diberikan kemampuan untuk melihat segala sesuatu yang luput dari pandangan orang lain serta di berikan iman yang kuat.

20. Al – Qaabidh القابض (Maha Menyempitkan) – Asmaul Husna

Ini adalah “Yaa Qaabidh” merupakan zikir malaikat maut, Izrail. Siapa saja yang di dhalaimi maka bacakan asma Allah ini sebanyak 903 X. Maka dengan izin Allah kedhaliman itu akan hancur dan siapa saja yang menuliskan “Al-Qaabidh” pada 40 keping roti selama 40 hari, maka ia tidak akan merasakan penyakit serta diselamatkan dari lapar luka, haus dan sebagainya.

21. Al – Baasith الباسط (Maha Melapangkan)

“Yaa Baasith” Ini adalah zikir malaikat yang meniupkan sangka kala yaitu Israfil. Siapa saja yang membiasakan dirinya membaca asmaul husna ini maka Allah akan memberikan kepadanya kedamaian dalam hati, hilang stresnya dan bebas dari berbagai persoalan.

22. Al – Khaafidh الخافض (Maha Merendahkan, Yang Menghinakan Seseorang) – Asmaul Husna

Disebutkan, siapa saja yang membiasakan membaca asmaul husna ini sebanyak 500 kali, maka kebuthan dan hajatnya akan di capaikan dan di penuhi oleh Allah, insya Allah.

23. Ar – Raafi` الرافع (Maha Meninggikan Derajat Seseorang)

Selanjutnya, manfaat asmaul husna adalah meraih kedudukan yang tinggi. Siapa saja yang ingin mendapatkan kedudukan tinggi agar bisa membantu saudara dan orang lain ke jalan yang benar maka bacakan asmaul husna ini sebanyak 100 kali siang dan malam. Maka ai akan mendapatkan kedudukan tinggi.

24. Al – Mu`izzu المعز (Maha Memuliakan, Yang Memberikan Kemuliaan) – Asmaul Husna

Membacakan 40 kali asmaul husna ini setelah sholat maghrib pada setiap Senin dan Jumat, maka Allah SWT akan menganugerahinya kemuliaan dan kehormatan. Lakukan semata karena Allah bukan karena ingin mendapatkan derajat dunia.

25. Al – Mudzillu المذل (Maha Menghinakan) – Asmaul Husna

Siapa saja yang membacakan asmaul husna ini sebanyak 75 kali kemudian berdoa kepada Allah agar di hindari dari kejahatan si fulan, maka ia akan bebas dari kejahatan orang tersebut. Baik dari keburukan dengki atau dhalim.

26. Al – Samii’ السميع (Maha Mendengar) – Asmaul Husna

Membaca nama-nama Allah (asmaul husna) pada kamis sesudah sholat Dhuha sebanyak 50 kali hingga 500 kali, maka do’anya akan menjadi makbul.

27. Al – Bashiir البصير (Maha Melihat) – Asmaul Husna

Manfaat membacakan asmaul husna juga untuk mendapatkan penglihatan yang terang. Siapa saja yang membacakan asmaul husna “Yaa Bashiir” sebanyak 100 kali setelah shalat jum’at dan istiqamah dengan amalannya, maka Allah SWT akan mengaruniakan kepadanya penglihatan (mata) yang tajam dan memberikan cahaya dalam hatinya. Insya Allah.

28. Al – Hakam الحكم (Maha Menetapkan Segala Hukum) – Asmaul Husna

Siapa saja yang membacakan asmaul husna ini sebanyak 99 kali pada akhir malam dalam keadaan wudhu dengan penuh fokus maka Allah akan menjadikan batinnya sebagai tempat rahasia.

29. Al – ‘Adl العدل (Mah Adil) – Asmaul Husna

Siapa saja yang menulis dengan (dengan za’faran atau dengan isyarat jari) akan asamul husna ini di atas 20 potong roti pada malam atau siang hari jumat, kemudian memakannya, maka Allah akan memberikan sebuah nikmat yang besar kepadanya.