Manfaat pisang ambon
Manfaat pisang ambon bagi kesehatan

Pisang ambon – Siapa yang tak kenal dengan pisang ambon, rasanya yang manis dan legit menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak pembeli yang memburu pisang ambon. Namun demikian, pisang ini banyak di cari untuk di konsumsi semata tanpa banyak yang tahu dengan manfaatnya bagi kesehatan. Padahal, pisang ambon jika di konsumsi dengan baik dan benar dan rutin, maka sangat banyak manfaat dan khasiat yang bisa di peroleh.

Maka, pada artikel kali ini kita akan mengupas manfaat pisang ambon serta kandungan nutrisi dan gizi didalamnya. Semoga saja dengan mengetahui manfaat dan gizinya akan membuat kita semakin suka dan cinta dengan pisang ambon. Yuk langsung saja kita lihat khasiatnya bagi kesehatan.

Nutrisi dan Gizi Pisang Ambon

Sebelum kita melihat lebih jauh tentang manfaat dan khasiat pisang ambon mari kita telisik terlebih dahulu tentang nilai gizi pisang Ambon berikut ini:

Nilai gizi pisang ambon berikut ini adalah jumlah dalam setiap 100 gram pisang ambon, sebagaimana dari USDA National Nutrient data base.

Kandungan Nilai Gizi Persentase RDA
Energi 89 Kcal 4,5%
Karbohidrat 22,84 g 18%
Protein 1.09g 2%
Lemak total 0,33 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 2,60 g 7%
Vitamin
Folat 20 mcg 5%
Niasin 0,665 mg 4%
Asam pantotenat 0,334 mg 7%
Piridoksin 0,367 mg 28%
Riboflavin 0,073 mg 5%
Thiamin 0,031 mg 2%
Vitamin A 64 IU 2%
Vitamin C 8,7 mg 15%
Vitamin E 0,10 mg 1%
Vitamin K 0,5 mcg 1%
Elektrolit
Sodium 1 mg 0%
Kalium 358 mg 8%
Mineral
Kalsium 5 mg 0,5%
Tembaga 0,078 mg 8%
Besi 0,26 mg 2%
Magnesium 27 mg 7%
Mangan 0,270 mg 13%
Fosfor 22 mg 3%
Selenium 1,0 mcg 2%
Seng 0,15 mg 1%
Phyto-nutrient
Karoten-? 25 mcg
Carotene-? 26 mcg
Lutein-zeaxanthin 22 mcg

Kalau kita perhatikan tabel gizi pisang ambon di atas, kita tahu bahwa pisang ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan mansia, dan ini berbeda dengan manfaat pisang secara umum. Yuk kita lihat apa saja manfaat kesehatan dair pisang ambon.

Manfaat Pisang Ambon bagi Kesehatan

1. Menjaga detak jantung tetap bagus

Pisang kaya dengan potasium termasuk pisang ambon. kandugan potasium dalam 100 gram pisang ambon bisa 358 mg. Potasium adalah mineral yang manfaat dan fungsinya untuk mengontrol kesehatan darah dan detak jantung. Manfaat dari potasium juga bisa mendorong kinerja saaraf otot dan menjaga agar kesehatan ginjal tetap sehat.

Baca juga: Manfaat Bunga Matahari bagi Kesehatan

Jika tubuh kekurangan potasisum maka akan terjadi berbagai masalah dan penyakit pada tubuh. Untuk itu, usahakan agar anda bisa selalu mencukupi mineral ini dalam keseharian anda.

2. Resistensi Terhadap Agen Infeksi

Pisang ambon walaupun rasanya sangat manis namun ia mengandung tinggi vitamin C. Dalam ukuran 100 gram saja sudah mengandung vitamin C sebanyak 8.6 gram.

Nilai vitamin C dalam pisang ambon sangat baik untuk menjaga resistensi terhadap infeksius. Vitamin C ini juga bertindak sebagai antioksidan yang sangat hebat dalam memberikan perlawanan terhadap berbagai radikal bebas.

3. Menyehatkan pencernaan

Manfaat pisang ambon selanjutnya adalah menyehatkan pencernaan karena pisang ini di klaim mengandung resistant starch atau pati tahan cerna. Disebut pati tahan cerna karena pati ini tahan terhadap hidrolisis enzim dalam proses pencernaan.

Sifatnya yang tahan cerna membuat pati ini kemudian di ferementasi dalam usus oleh bakteri usus. Akibatnya, pati tahan ini kemudian akan membentuk rantai lemak pendek yang di sebut butirat atau butanoat.

Butirat atau butanoat saangat penting dalam menjaga kesehatan usus bersama dengan serat yaang tinggi di dalam pisang ambon. Kerja sama keduanya ini bisa mencegah kenaikan gula darah karena makanan (pisang ambon tidak langsung di cerna melainkan dengan cara sedikit demi sedikit sehingga tidak terjadi lonjakan gula darah.

Karena sifat pisang ambon yang demikian serta dingin, manis dan berserat serta mampu melambatkan pencernaan maka pisang ini sangat baik untuk di jadikan sebagai makanan pencuci mulut setelah makan.

4. Baik untuk perkembangan fungsi otak

Pisang ambon juga kaya dengan peridoksin atau vitamin B6, artinya mengkonsumsi pisang ambon satu buah setiap hari sudah bisa memenuhi 33% dari kebutuhan harian kita.

Peridoksin adalah vitamin B komplek yang sangat baik untuk kesehatan jantung, kekebalan tubuh dan baik untuk sistem pencernaan. Peridoksin juga berfungsi untuk memperbaiki mood atau ssuasana hati, ia bekerja sama dengan norepinefrin dan serotonin.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat pisang ambon untuk kesehatan juga baik dalam menjaga kesehatan tulang. Pisang ambon kaya dengan mineral tembaga sehingga baik untutk tulang karena tembaga adalah unsur yang membentuk tulang manusia. Sekitar 50% tembaga dalam tubuh adalah berada dalam tulang.

Selain itu, zat besi akan terserap dengan baik jika tubuh memiliki tembaga dengan jumlah yang cukup karena bisa membentuk kolagen. karena sebenarnya, penyerapan zat besi ini adalah di atur oleh kolagen tersebut.

Selain itu, kekurangan tembaga dalam tubuh juga bisa meningkatkan resiko penyakit yang berhubungan dengan tulang. Diantaranya adalah rheumatoid arthritis dan osteoporosis.

6. Meningkatkan dopamine

Mengkonsumsi pisang ambon secara rutin juga bisa meningkatkan dopamine secara alami. Dopamine sangat penting dalam menjaga fungsi neotransmitter atau pengiriman pesan di otak. Dopamine merupakan zat kimia di otak yang mempengaruhi perasaan gembira, emosi dan lai-lain.

Pelepasan dopamine di otak menyebabkan perasaan gembira, dan percaya diri. Ketika kamu jatuh cinta dan membawa kamu dalam kesenangan hingga seperti teregila-gila, ini adalaah efek dari dopamine ini yang sedaang bekerja.

Maka, mengkonsumsi pisang ambon bisa meingkatkan perasaan gembira dan senang karena bisa menghasilkan dopamine secara alami.

7. Baik untuk sistem metabolik

Salah sastu mineral penting dalam pisang ambon adalah mangan. Mangan bermanfaat untuk membantu penyerapan berbagai mineral seperti vitamin B, magnesium dan vitamin E. Mangan sangat penting dalam berbagai reaksi enzim yang merangsang sistem metabolik. Jika sistem metabolik bekerja cepat maka akan memberikan manfaat terhadap pembakaran kalori yang lebih besar.

Jadi, untuk memaksimalkan pembakaran kalori tubuh, sangat penting untuk memasukkan pisang ambon dalam menu diet menrunkan berat badan.

8. Melindung tubuh dari logam dan racun berbaya

Pisang ambon juga bermanfaat untuk menghilangkan racun berbahaya dalam tubuh. Pisang Ambon mengandung katekin, ini adalah senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan. Jika katekin masuk kedalam tubuh makan ia akan meminimalisir resiko terjadinya kardiovaskular.

Katekin dalam pisang ambon juga bermanfaat untuk mengeluarkan zat beracun seperti kadmium, krom, dan merkuri dari dalam tubuh.

9. Baik untuk menjaga kesehatan jantung

Pisang ambon adalah makanan rendah natrium dan kaya potasium, ini baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi pisang ambon secara teratur bisa mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Pisang adalah makanan kaya omega 3, fitosterol, dan lutein yang bisa menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Khasiat luarbiasa ini semakin membuat banyak orang jatu cinta dengan pisang ambon.

10. Mencegah sembelit

Selanjutnya, manfaat pisang ambon adalah mencegah sembelit. Kandungan serat yang tinggi dalam pisang ambon sangat baik untuk merangsang kerja otot usus dalam mencerna makanan.

Pisang ambon memiliki khasiat luarbiasa terhadap gastrointestinal, ini berdampak pada menurunnya resiko penyakit sembelit dan kosntipasi.

11. Pisang Ambon, makanan dengan indek glikemik rendah

Makanan dengan indek glikemik rendah adalah makanan yang tidak menaikan kadar gula darah dengan cepat setelah mengkonsumsinya. Maka, makanan seperti ini aman untuk di konsumsi oleh siapapun karena tidak memicu gula darah. Pisang ambon adalah salah satu buah yang termasuk dalam indek glikemik rendah.

Sementara makanan dengan indek glikemik tinggi adalah makanan yang cepat menaikan kadar gulad arah setelah mengkonsumsinya seperti nasi putih, minuman bersoda dan gula.

12. Mencegah depresi

Manfaat pisang ambon selanjutnya adalah mencegah depresi. Ini di sebabkan pisang ambon mengadung triptofan yaitu saalah satu dari sembilan (9) dari asam amino penting dalam menghasilkan serotonin.

Serotonin adalah zat kimia yang memberikan pengaruh terhadap nafsu makan, mempengaruhi mood dan pola tidur. Jika serotonin dalam tubuh sangat rendah bisa di pastikan seseorang mengalami gangguan jiwa seperti putus asa, stres dan depresi.

Untuk terhindar dari depresi dan stres, coba anda sering sering berjalan di udara terbuka, mengkonsusi makanan tinggi triptofan seperti pisang ambon, susu, kacang kacangan dan beras merah.

13. Pisang adalah obat maag alami

Pisang atau pisang ambon adalah obat maag alami. Maka, siapa saja yang terkena maag sebaiknya mengkonsumsi lebih banyak pisang sebagai makanan serta menghindari makanan pedas dan berminyak.

Pisang adalah makanan yang mengandung sitoindosides. Ini adalah zat kimia yang bisa merangsang terbentuknya lendir dalam saluran pencernaan. Lendir ini berguna dalam melindungi usus dari asam yang bisa merusak lapisan mukosa lambung.

selain mencegah asam lambung, pisang juga termasuk makanan yang baik untuk kesehatan usus karena bisa menghasilkan mikroorganisme baik dalam tubuh. Makanan seperti ini di sebut juga dengan makanan prebiotik.

14. Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat pisang ambon adalah mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pisang mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengontrol saraf perifer dan sentral sehingga memberikan pengaruh baik terhadapa darah.

Jika kamu termasuk yang menderita tekanan darah tinggi, tidak salah kamu merutinkan menngkonsumsi pisang ambon atau pisang lain.

15. Sumber Energi

Manfaat pisanga ambon juga sebagai sumber energi. Kandungan mineral dam vitamin didalamnya memberikan manfaat untuk meningkatkan energi secara instan. Itulah sebabnya, pisang sangat baik di konsumsi setelah olahraga atau bekerja keras karena senyawa antiokidan didalamnya bisa menggantikan energi yang hilang.

Perpaduan antara gula dan patti resisten dalam pisang ambon sangat cepat meresap dan memberikan energi secara instan.

16. Menjaga kesehatan kulit

Pisang ambon juga bermanfaat sebagai makanan alami untuk kesehatan kulit. Mengkonsumsi pisang secara rutin bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah kulit kering. Kandungan vitamin A dalam pisang baik untuk mmenjaga kulit tetap lembab dan bersinar.

Pisang bisa di konsumsi langsung atau di jadikan masker wajah. Vitamin A dalam pisang akan menjaga kulit senantiasa sehat dan lembab.

17. Manfaat pisang ambon untuk menurunkan berat badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan juga cocok mengkonsumsi pisang terutama pisang ambon karena kaya serat dan pati resistan yang di cerna secara perlahan. Rasanya kenyang akan bertahan lama sehingga tidak membuat kamu cepat-cepat makan atau tidak membuat kamu makan dalam porsi besar.

Satu Pisang ukuran sedang sudah mengandung 3 gram serat, ini jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah serat dalam buah plum yang hanya 0.9 gram dan serat dalam se iris semangka yang hanya 0.6 gram.

18. Meningkatkan sensitivitas insulin

Pisang menegandung pati tahan cerna sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Jika mengkonsumsi pati tahan cerna sebanyak 30 gram perhati, maka efeknya adalah bisa meningkatkan sensitivitas insulin hanya dalam 4 minggu.

Pisang ambon adalah salah satu jenis pisang yang kaya pati tahan cerna, maka mengkonsumsi pisang ini saangaat bagus untuk mengurangi resiko terjadinya diabetes karena ia mampu meningkatkkan kinerja insulin.

19. Mengatasi kram otot

Manfaat pisang ambon selanjutnya adalah mengatasi kram otot. Otot butuh elektrolit untuk bissa berkontraksi dengan baik, dan pisang enak ini mmengandung banyak mineral seperti magnesium, potasium, kalsium, dan semua jenis mineral ini akan bertindak sebagai elektrolit yang bermanfaat untuk konstraksi otot.

20. Membantu pertumbuhan bayi

Salah satu cara menjaga kesehatan ibu hamil dan menjaga kesehatan janin dalam kandungan adalah dengan mengasup folat dalam jumlah yang tinggi. Makanan yang mengandung diantaranya adalah brokoli, dan pisang ambon.

Folat yang hadir dalam pisang ambon yang di konsumsi ibu hamil akan bermanfaat untuk penyerapan nutrisi janin. Nutris yang di peroleh dengan opotimal tentu akan berdampak baik terrhadap perkembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi.

21. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat tingginya kalsium dalam urin. Jika dalam tubuh kekurangan potasium, maka kalsium akan melonjak tinggi dalam urin sehingga menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Karena pisang ambon tinggi kadar potasium maka sangat baik mengkonsumsinya untuk mencegah batu ginjal akibat dari tingginya kadar kalsium dalam urin. Ahli kesehatan mengatakan bahwa mengkonsumsi pisang sebanyak 4-6 kali seminggu bisa mencegah terjadinya batu ginjal.

Demikianlah manfaat pisang ambon yang sangat luarbiasa. Diharapkan dengan mengetahui manfaat pisang khususnya pisang ambon kita bisa menambahkan pisang dalam diet harian sehingga tubuh senantiasa sehat. Hal yang harus di perhatikan adalah mengkonsumsi pisang dalam jumlah moderate, karena segala sesuatu yang berlebihan termasuk pisang tidak akan bermanfaat untuk kesehatan.