Cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan secara tradisional

Sariawan biasanya di alami di bagian bibir atau samping mulut bagian dalam, namun ada juga sariawan yang terjadi di langit-langit mulut. Sariawan sangat mengganggu terutama saat makan.

Memang sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu atau dua minggu, namun ini sunggu sangat menyiksa dan sakit. Ada baiknya jika kita mencoba mengobatinya dengan obat tradisional. Berikut ada beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk menyembuhkan sariawan di langit-langit mulut.

Menyembuhkan Sariawan di Langit Mulut

Walaupun sariawan sembuh dengan sendirinya, namun ada cara alami yang bisa di tempuh untuk mempercepat proses penyembuhannya. Berikut kita lihat satu persatu cara menyembuhkan sariawan di langit mulut.

1. Berkumur dengan air garam

Salah satu cara mudah menyembuhkan sariawan adalah berkumur dengan air garam hangat. Anda bisa mengambil segelas air hangat dan satu sendok garam, larutkan dan berkumurlah dengan air tersebut. Anda tidak perlu minum, cukup berkumur dan kemudian buang kumuran tersebut.

Air garam mengandung anti radang, anti bakteri dan anti jamur yang bisa menghambat perkembangan bakteri dan jamur serta infeksi pada bagian gusi atau langit mulut anda. Berkumurlah beberapa kali dalam sehari hingga sariawan anda menghilang.

Baca: Apa Itu Dermatitis

2. Banyak minum air putih

Cara penyembuhan dengan minum banyak air putih berguna jika sariawan yang anda alami terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh. karena kekurangan air dalam tubuh bisa menyebabkan mulut kering dan memicu terjadinya sariawan. Maka, dengan minum banyak air tubuh di harapkan tubuh selalu terhydrasi dan akhirnya menghilangkan sariawan yang terjadi.

3. Menghindari makanan tertentu

Jika anda mengalami sariawan, anda juga bisa mencoba menyembuhkan sariawan dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, buah buahan sehat. Perhatikan untuk menghentikan makanan asin, asam, pedas dan makanan bertekstur tajam karena bisa menyebabkan sariawan semaikin lama sembuhnya.

Hindari juga minuman sangat panas karena bisa menyebabkan terbakar di bagian mulut dan memperlambat penyembuhan.

4. Kompres dengan es batu

Es batu bisa meredakan rasa nyeri dan menghilangkan sakit, maka anda bisa mencoba menggunakan es batu dengan mengompresnya di bagian yang terluka. Gunakan kain halus untuk mengompres es batu di mulut anda. Rasa dingin inilah yang bekerja menghilangkan nyeri dan sakit, lakukan beberapa kali jika anda merasa sangat terganggu dengan rasa nyeri di mulut anda.

5. Getah lidah buaya

Getah llidah buaya juga termasuk obat tradisional yang ampuh atasi sariawan. Lidah buaya mengandung anti radang dan anti nyeri sehingg sangat baik untuk meredakan rasa sakit akibat sariawan.

Cara penggunaan getah atau gel lidah buaya sangat mudah. Anda hanya perlu mengolesinya pada bagian mulut yang mengalami sariawan. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi lagi hingga beberapa kali dalam sehari. Jangan sembarangan menggunakan gel lidah buaya yang di jual di pasar karena bisa saja mengandung obat berbahaya. Cara terbaik adalah mengambil gel lidah buaya langsung dari pohonnya.

6. Teh chamomile dengan madu

Perpaduan dua herbal ini bisa menyembuhkan sariawan karena keduanya mengandung anti radang dan anti nyeri. Secara spesifik, madu mengandugn antiseptik dan chamomile mengandung anti radang. Anda bisa mencampuri keduanya dengan menggunakan air hangat dan minum secara langsung.

Cara lain adalah dengan langsung mengolesi madu pada area sariawan atau dengan menempelkan langsung kantong teh chamomile langsung ke bagian yang sariawan.