Nama-Nama Malaikat Beserta Tugasnya

Nama-nama Malaikat – Malaikat adalah makhluk Allah yang taat kepadaNya dan tidak pernah berbuat maksiat setitik pun karena memang mereka tidak di ciptakan nafsu seperti manusia. Jumlah malaikat sangat banyak sekali dan tak terhingga namun ada sepuluh malaikat yang kita kenal dan tahu tugasnya. Malaikat 10 wajib diketahui dan di hafal sama halnya seperti rasul yang 25 yaitu wajib diketahui.

Karena mengetahui malaikat yang sepuluh adalah kewajiban bagi muslimin, maka kami buat ulasannya dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan untuk kita hafal dan kita kenalkan kepada anak-anak usia dini sehingga mereka menghafalnya.

Nama Malaikat Sepuluh Serta Tugasnya

Malaikat atau dalam tulisan arabnya disebut (ملاءكة) adalah makhluk Allah yang terbuat dari “nur” atau cahaya yang senantiasa taat kepada Allah dalam berbagai perintah Allah.

Bagi Muslimin mukallaf wajib atasnya mengenal malaikat 10 dan berdosa jika tidak menegnal serta wajib mengimaninya. Iman kepada malaikat bahkan menjadi salah satu rukun Iman yang enam.

Malaikat adalah makhluk yang tak berdosa dan selalu patuh terhadap Allah karena di ciptakan dari cahaya tanpa ada nafsu yang menyertainya. Sebagaimana kita ketahui nafsu adalah penyebab manusia terjerumus dalam dosa.

Namun berarti Allah tidak memuliakan manusia, justru Allah sangat memuliakan manusia karena Allah tidak hanya menempatkan nafsu saja tetapi juga memberikan akal sebagai penyeimbang.

Maka, tatkala manusia bisa mengendalikan nafsunya maka ia menjadi makhluk paling mulia bahkan lebih mulia dari malaikat karena manusia punya akal.

Sementara jika manusia ini tidak bisa mengendalikan nafsunya, maka ia lebih keji daripada bintang karena binatang tidak ada akalnya, sementara manusia punya akal namun tidak menggunakannya.

Maka dari itu, kita bisa memahami bahwa Allah lebih suka ibadahnya manusia dibandingkan malaikat karena manusia yang di bekali nafsu namun ia tetap mampu beribadah. Malaikat wajar saja bisa beribadah karena ia tidak memiliki nafsu dan tidak di ciptakan dengan nafsunya.

Dalam surat alfathir ayat 1 di jelaskan tentang sifat Malaikat yang memiliki empat sayap.

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing dan ada yang dua, tiga dan empat”.

Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Tak hanya itu saja ayat Allah yang menunjukkan tentang Malaikat tetapi masih banyak lagi, demikian halnya juga dengan hadist Nabi SAW. yang menyatakan tentang sifat Malaikat, dan salah satu hadist yang menyebutkan tentang sifat Malaikat adalah:

“Malaikat Jibril memiliki 600 sayap, Israfil memiliki 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril dan yang terakhir dikatakan bahwa Hamalat al-‘Arsy (malaikat penanggung arasy) memiliki 2400 sayap dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil.”

Memang malaikat tidak bisa di lihat, namun ummat Islam wajib mengimani adanya malaikat serta tugas-tugasnya masing-masing karena malaiakt wujud, artinya andaikata di bukakan hijab oleh Allah maka sungguh kita bisa melihat malaikat tersebut.

Sebelum kita lihat nama-nama malaikat serta tugasnya masing-masing, mari kita lihat dulu sifat sifat wajib (mesti ada) pada Malaikat.

Sifat-Sifat Malaikat

Sebagai makhluk yang tidak di lengkapi dengan hawa nafsu, tentu malaikat tidak pernah membantah atau melanggar perintah Allah sedikit-pun, berikut kita lihat sifat Malaikat sebagaimana yang ada dalam al-Quran.

Malaikat tidak pernah membantah sedikitpun perintah Allah, selalu taat.

Tidak melakukan apapun yang menjadi larangan Allah

Malaikat selalu beribadah kepada Allah seperti bertasbih, sujud, atau dengan apapun perintahnya.

Malaikat tidak ada sifat bangga, sombong, sama sekali karena mereka bebas dari nafsu

Malaikat selalu memohon ampun kepada manusia yang beriman

Malaikat merasa gembira manakala ada orang mukmin yang berhasil melakukan ibadah dan berhasil menjauhkan maksiat.

Malaikat bisa berubah bentuk menjadi manusia, atau lain-lain sesuai dengan apa di kehendaki.

Nama Nama Malaikat dan Tugasnya

Jumlah malaikat sangat banyak dan sama sekali tidak ada yang tahu kecuali Allah saja, karena ini tidak disebutkan dalam al-Quran dan hadist. Namun, malaikat yang wajib kita ketahui adalah berjumlah 10 malaikat dengan tugas-tugas masing-masing.

Langsung saja kita lita lihat nama malaikat dan tugasnya berikut ini.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada Rasulullah dan juga bertugas meniupkan ruh pada setiap janin dalam kandungan ketika sudah samapi masa tertentu.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah malaikat yang di tugaskan oleh Allah untuk membagikan rezki kepada manusia dan mengatur hujan, angin, dan tanaman.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil di tugaskan untuk meniup sangka-kala sebagai tanda bahwa kiamat tiba. Ketika sangka kala di tiupkan maka semua orang yang mati sejak nabi Adam hingga akhir zaman akan hidup kembali bagaikan jamur yang tumbuh di musim hujan, semuanya akan bangkit dari kubur masing-masing.

4. Malaikat Izrail

Selanjutnya, malaikat sepuluh adalah malaikat Izrail. Tugasnya adalah mencabut nyawa semua makhluk jika sudah sampai ajalnya masing-masing.

Termasuk malaikat izrail mencabutnya nyawa sendiri setelah nyawa semua makhluk sudah di cabutnya. Maka tidak ada satupun yang tidak mati kecuali hanya zat Allah saja. Inilah yang disebut Allah wajib bersifat baqa’ (kekal abadi).

5. Malaikat Munkar

Ini adalah salah satu malaikat yang ditugaskan untuk menanyai manusia dalam kubur tentang amal kejahatannya semasa di dunia. Ia datang dengan bentuk yang menakutkan dan membawa godam di tangannya sebagai alat untuk memukul orang tidak bisa menjawab.

Jika tidak bisa di jawab pertanyaannya, maka ia akan memuluk orang dalam kubur itu hingga hancur dan kemudian di kembalikan lagi betuknya, dan di pukul lagi hingga hari kiamat.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir adalah malaikat yang menanyakan amal kebaikan dalam kubur. Ia datang dengan bentuk yang tampan, indah dan mengembirakan.

7. Malaikat Raqib

Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amal manusia yang baik semasa di dunia

8. Malaikat Atid

Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amal manusia yangb buruk semasa didunia

9. Malaikat Malik Zabaniah

Ditugaskan untuk menjaga pintu neraka, bentuk dan perawakannya menakutkan.

10. Malaikat Malik Rizwan

Malaikat yang di tugaskan untuk menjaga pintu surga yang perawakannya sangat bagus, tampan dan menyenangkan.

itulah sepuluh nama-nama Malaikat serta tugasnya, semoga bisa kita hafal dan bisa kita ajarkan kepada anak-anak kita.