Bayam makanan untuk darah rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah masalah kesehatan yang banyak di alami masyarakat Indonesia selain dari tekanan darah tinggi. Ketika tekanan darah dalam arteri di bawah tekanan darah normal maka seseorang tersebut di sebut menderita hipotensi. Tekanan darah renadah bisa menyebabkan pusing, mata berkunang-kunang, bahkan bisa pingsan. Hal yang harus di perhatikan bagi orang yang pernah menderita tekanan darah rendah adalah makanan. Ada sejumlah makanan yang baik dikonsumsi oleh mereka, namun diantaranya ada yang rasa enak dan baik untuk kesehatan penderita hipotensi.

Dalam pengedarannya, darah melewati arteri dan ukuran penekanan darah terhadap dinding arteri disebut dengan ukuran aliran darah atau tekanan darah. Ketika tekanan darah menjadi rendah, menandakan bahwa aliran darah menjadi lemah sehingga darah tidak bisa tercukupi ke organ vital seperti ginjal dan otak. Akibatnya, terjadilah pusing, tubuh goyang, bahkan hilang kesadaran atau pingsan.

Tekanan darah di ukur dengan dua cara, ada tekanan darah sistolik (bilangan atas) dan diastolik (bilangan bawah). Jika tekanan darah seseorang masih normal, maka ukurannya masih diantara 90/60 – 140/90. Sedangkan hipotensi atau tekanan darah rendah adalah ketika tekanan darah dibawah 90/60. Sebaliknya, jika tekanan darah sudah di atas 140/90 maka seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi.

Daftar Makanan Penderita Tekanan Darah Rendah

Bagi penderita tekanan darah rendah, selain mengkonsumsi obat dari dokter, ada sejumlah makanan untuk darah rendah yang harus di konsumsi. Kami sudah mengumpulkan dari berbagai sumber daftar makanan enak namun baik untuk tekanan darah rendah. Bagi anda yang hipotensi, segera buru makanan ini.

Baca juga: [Makanan khas Bali]

1. Sereal

sereal makanan untuk darah rendah

Sereal adalah makanan dari gandum yang kaya zat besi, apa saja makanan yang kaya zat besi tentu baik untuk menaikkan tekanan darah karena zat besi memicu produksi sel darah merah. Bagi anda yang menderita hipotensi sebaiknya membiasakanm mengonsumsi sereal, selain enak makanan ini juga baik untuk kesehatan.

2. Kopi

Kopi
Minuman untuk meningkatkan tekanan darah

Selanjutnya adalah kopi. Ini memang bukan makanan namun kami masukkan sebagai salah satu yang bisa menaikkan tekanan darah karena ini adalah minuman wajib orang Indonesia yang terkenal dengan negeri seribu warunng kopi. Lantas, kenapa kopi bisa memacu tekanan darah? Kopi adalah minuman yang berbuat dari biji kopi, biji kopi mengandung kafein yang menyebabkan seseorang tidak kantuk. Selain tidak kantuk, kafein juga bisa memicu naikknya tekanan darah rendah.

Kopi selain mengandug kafein, ia juga mengandung antioksidan yang bagus untuk mencegah terjadinya peradangan pada dinding arteri.

3. Bayam

Bayam untuk hipotensi

Tak heran jika sayuran bayam baik untuk penderita darah rendah. Alsannya karena bayam adalah makanan yang nmengandung asam folat dan zat besi. Keduanya bisa mencegah anemia yaitu tekanan darah rendah. Jika anda pernah menonton film kartun Popeye, anda akan tahu kekuatan Spinach atau bayam, setiap kali popeye mengkonsumsi bayam maka kekuatannya akan bertambah. Ini benar, bahwa bayam baik untuk kesehatan tubuh karena ia mengandung protein, kalsium, vitamin A, kalium, dan magnesium dan salah satunya manfaatnya adalah mencegah darah rendah.

4. Pisang

Buah pisang untuk tekanan darah rendah

Pisang adalah buah buahan sehat bahkan ia mengandung vitamin dan mineral yang tidak ada pada buah lain. Salah satu manfaat pisang adalah menstabilkan tekanan darah akibat tingginya kalium dalam pisang. Ketika aliran darah stabil, maka tidak ada yang namanya hoptensi atau hipertensi.

5. Kismis

Buah kismis untuk meningkatkan tekanan darah rendah

Selanjutnya makanan enak yang baik untuk tekanan darah rendah adalah kismis. Kismis adalah buah anggur yang sudah di keringkan dan biasanya di tambahkan dalam masakan sebagai penambah rasa namun ada juga yang mengkonsumsinya secara langsung. Buah kismis cukup manis karena mengandung banyak gula di dalamnya, jika diekringkan maka gula tersebut tidaka akan hilang melainkan mengkristal didalam buah kismis.

Salah satu manfaat mengkonsumsi kismis adalah mengontrol kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal adalah kelenjar yang memiliki fungsi untuk mengatur dan mengontrol tekanan darah. Maka, untuk mendapatkan manfaat ini, penderita tekanan darah rendah perlu mengkonsumsi buah kismis.

6. Buah zaitun

Manfaat zaitun

Berikutnya, makanan enak yang baik untuk tekanan darah rendah adalah zaitun. Buah zaitun mengandung vitamin E, zat besi, dan zinc. rasa buah zaitun asam dan asin sehingga buah ini bagus untuk darah rendah. Rasa asin pada suatu makanan bisa meningkatkan tekanan darah. Maka, bagi yang mengkonsumsi buah zaitun secara teratur sangat baik untuk mencegah hipotensi.

7. Telur

Makan telur untuk hipotensi

Telur adalah makanan kaya dengan vitamin B12 yang baik untuk keseimbangan tekanan darah. Maka konsumsilah telur sehari sekali saja untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Anda bisa memasak telur sebagaimana yang anda inginkan baik menggorengnya di atas dapur, rebus, orak arik karena telur adalah makanan enak walau di masak dengan cara apapun.

8. Daging merah

daging merah
daging merah

Daging merah adalah makanan yang baik untuk mencegah anemia atau kurang, semua jenis daging merah bisa memberikan kekuatan bagi anda yang mengkonsumsinya serta mencegah anemia. Maka rajinlah mengkonsumsi daging selama ia halal. Daging merah mengandung vitamin B12 yang baik untuk mencegah gejala kurang darah seperti anemia dan lain-lain.

9. Hati ayam

hati ayam

Ketika menyembelih ayam sebaiknya anda menyimpan “hati” ayam tersebut sebagai obat untuk tekanan darah rendah. Hati ayam mengandung folat yang berfungsi untuk menaikkan tekanan darah hipotensi.

10. Kacang-kacangan

Kacang kacangan untuk darah rendah

Selanjutnya, makanan untuk darah rendah adalah kacang-kacangan. Ini adalah sayuran yang butuh waktu lama untuk di proses dalam lambung sehingga ia bisa menaikan tekanana darah. Kacang termasuk sayuran tinggi serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kacang adalah tanaman heliotropik yang mana daunnnya menghadap ke matahari di kala siang dan malam hari daunnya menggulung.

11. Kacang Almond

kacang almond untuk darah rendah
Makanan darah rendah

Diantara kacang-kacangan, ada kacang almond yang berada pada peringkat tertinggi sebagai makanan untuk penderita darah rendah. Kacang almond adalah jenis kacang yang bagus untuk penderita darah rendah karena kacang ini bisa menambah darah anda. Untuk mendapatkan 6% zat besi harian bagi tubuh, direkomendasikan untuk mengkonsumsi kacang almonds sebanyak 1 onds sehari. Tak hanya bermanfaat, namun kacang almond juga murah dan mudah di dapatkan di pasar-pasar.

12. Buah anggur

Buah anggur
Buah untuk penderita darah rendah

Di antara buah yang bagus untuk mencegah darah rendah adalah buah anggur. Buah anggur termasuk salah satu yang penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, buah yang enak ini juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan secara menyeluruh seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin C dan K, kalsium, magnesium, natrium, seng, dan mangan.

Tak hanya itu saja, namun buah anggur juga baik mencegah berbagai penyakit seperti kanker, jantung koroner, hipertensi, osteoporosis, insomnia dan lain-lain.

13. Buah Alpukat

Buah untuk menambahkan darah

Selanjutnya, dalam daftar buah-buahan penderita darah rendah adalah alpukat. Alpukat kaya dengan lemak tak jenuh sehingga baik untuk metabolisme tubuh karena lemak ini dibutuhkan untuk proses metabolisme. Selain itu, alpukat juga kaya dengan kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1 dan vitamin C sehingga tak di ragukan lagi baik untuk meningkatkan sel darah merah.

14. Buah Naga

buah naga meningkatkan darah rendah
buah naga meningkatkan darah rendah

Buah naga juga tergolong dalam buah kaya zat besi yang baik untuk meningkatkan darah dan mencegah darah rendah. Buah bersisik laksana naga ini mengandung zat besi, vitamin B1, B3, B12, dan vitamin C.

Untuk tujuan menambahkan darah, sebaiknya kita mengkonsumsi buah naga merah karena ia terbanyak dari sisi kandungan zat besi. Sebagaimana kita tahu bahwa buah naga ada banyak ragamnya, seperti buahnaga merah, buah naga kuning dan buah naga putih. Jadi, ambillah yang merah dagingnya, selain untuk darah rendah, buah naga juga sangat tinggi antioksidan yang cukup baik untuk berbagai keperluan kesehatan.

15. Buah Jeruk

Buah jeruk
buah untuk darah rendah

Siapa sangka ternyata buah jeruk termasuk buah penambah darah. Alsannya karena buah ini kaya dengan zat zat yang mendukung pertambahan darah seperti zat besi, magnesium, kalsium, asam folat, tembaga, fosfor, vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan tentu saja vitamin C dalam jumlah cukup banyak.

Sama seperti buah naga, jeruk juga kaya antioksdan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit akibat radikal bebas.

16. Jambu biji merah

jambu biji merah
Jambu biji merah

Salah manfaat jambu biji merah adalah meningkatkan darah merah. Buah ini memiliki rasa manis dan seringkali di buat jus. Buah ini mengandugn banyak nutrisi pentig bagi kesehatan seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C serta zat besi dan beberapa mineral lainnya.

Karena tingginya zat besi dan bagus untuk menambah darah maka buah jambu biji merah adalah rekomendasi bagi mereka yang terkena DBD. Buah jambu biji atau dalam bahasa Inggris di sebut Guava sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah pada penderita demam berdarah dengue.

17. Brokoli

Brokoli sayuran untuk darah rendah

Brokoli adalah sayuran sejenis dengan bunga kol namun ia berwarna hijau. Sayuran ini kaya terhadap zat besi dan asam lemak omega 3. Kedua zat ini sangat penting dalam membangun kesehatan tubuh terutama pada ibu hamil. Bahkan, brokoli bisa menjadi makanan terbaik untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Selain itu, ibu bisa mendapatkan asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk kesehatan bayi terutama dalam pertumbuhannya.

18. Kangkung

Sayuran darah rendah
Sayuran darah rendah

Kangkung adalah sayuran hijau yang kaya zat besi dan vitami A. Jika anda kekurangan darah atau punyai riwayat tekanan darah rendah, cobalah mengkonsumsi kangkung secara rutin. Ini adalah sayuran murah yang mudah di temukan di mana saja namun memiliki nilai kesehatan yang tinggi.

Anda bisa menanam sendiri kangkung di halaman rumah, atau membeli dipasar dengan harga murah. Bahkan jika anda tinggal id desa-desa, anda bisa mendapatkan sayuran hijau kangkung di paya, kali atau di parit-parit. Ia banyak tumbuh dengan sendirinya secara subur.

19. Daun Katuk

daun katuk

Ini adalah daunnya ibu menyusui karena manfaat daun katuk adalah meningkatkan air susu ibu menyusui. Selain itu, daun katuk juga bermanfaat untuk menambah darah karena ia kaya zat besi. Selainzat besi, daun katuk juga mengandung vitamin K, beta-karoten (pro-vitamin A), vitamin B, vitamin C dan mengandung beberapa minerla lain seperti kalium dan fosfor.

Cara Mengatasi Darah Rendah

Bagi penderita darah rendah atau hipotensi, ia bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk meningkatkan darah, diantaranya:

  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi garam atau sodium karena ia bisa merangsang kenaikan darah. Naun jika usia sudah lanjut, sebelum menambahkan banyak garam dalam makanan, silahkan konsultasi dengan dokter dulu.
  • Mencegah diri dari terlalu lama berdiri karena bisa menyebabkan darah rendah
  • Tidur dengan bantal tinggi di kepala, menindih bantal di kepala penting agar ketika bagun anda tidak mengalami darah rendah.
  • Banyak minum air putih untuk menambah volume darah dan mencegah dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh juga bisa menyebabkan kekurangan darah atau darah rendah.
  • Minum kopi di pagi hari juga baik untuk meningkatkan aliran darah dan meningkatkan fokus
  • Tidak minum alkohol. Jika anda sudah terdeksi mengalami darah rendah maka jangan coba-coba mengkonsumsi minuman-minuman beralkohol.

Jika darah rendah kami masih ada dan tidak kunjung naik padahal sudah mencoba semua makanan di atas maka konsultasilah dengan dokter siapa tahu kamu juga mengalami masalah kesehatan lainnya yang perlu di rawat.

Itulah beberapa jenis makanan untuk darah rendah. Makanan tersebut tidak hanya baik untuk mencegah tekanan darah rendah namun juga memiliki rasa yang lumayan enak dikonsumsi.