Urutan Pangkat Polisi

Pangkat polisi – POLRI atau Kepolisian Republik Indonesia adalah instansi yang mengemban tugas kepolisian diseluruh wilayah Indonesia untuk memelihara keamanan, ketertiban dan memberikan perlindungan kepada mansyarakat. Kepolisian Republik Indonesia di pimpin langsung oleh seorang Kapolri dan sejak tahun 2016 lalu, jabatan ini di pegang oleh Jendral Tito Karnavian.

Selain memberikan kenyamanan dan perlindungan kepada masyarakat, polisi memiliki tugas penting yaitu menjaga kestabilan keamanan republik Indonesia. Lantas apa saja pangkat polisi dari yang terendah hingga ke yang tertinggi. Tujuan artikel ini adalah memberikan pengetahuan kita tentang pangkat seorang polisi di Republik Indonesia. Berikut ulasannya!

Pangkat polisi republik indonesia

Pangkat Polisi Tamtama

Tamtama adalah seorang prajurit kepolisian yang menjalan tugas tertentu dalam kepolisian republik Indonesia. Seorang yang berpangkat tamtama di persiapkan untuk siap menjalankan tugas dari atasan kapan saja dan dimana saja dengan mengedepankan loyalitas, profesinalitas, jujur, terampil, mahir dan pantang menyerah. Pangkat Tamtama polri adalah pangkat paling bawah dari kepolisian, di negara lain pangkat ini disebut dengan Private.

Beberapa golongan yang termasuk dalam pangkat tamtama polri adalah Bhayangkara Dua (Bharada), Bhayangkara Satu (Bharatu), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu) dan terakhir Ajun Brigadir Polisi (Abripol). Berikut kita lihat ulasannya satu persatu:

Bhayangkara Dua (Bharada)

pangkat bhayangkara dua
sahabatnesia.com

Dahulu, pangkat Bharada ini hampir sama dengan pangkat militer yaitu Prajurit dua. Jadi, untuk membedakan antara keduanya dan mempertegas identitas maka pangkat parajurit dua kemudian di ubah menjadi Bhayangkara Dua atau Bharada. Biasanya kita sering melihat bharada ini bertugas mendamaikan konflik di tengah masyarakat seperti konflik agama, atau konflik antar suku.

Bhayangkara Satu (Bharatu)

pangkat bhayangkara satu
sahabatnesia.com

Bharatu adalah pangkat polisi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan bharada, pangkat ini sekarang juga sudah berubah dari asalnya. Sebelum berubah yaitu tahun 2001, pangkat ini sama diantara semua militer Indonesia sehingga kemudian di ubah menjadi Bharatu.

Bhayangkara Kepala (Bharaka)

pangkat bhayangkara kepala
sahabatnesia.com

Ini adalah tamtama tingkat satu kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini juga sudah mengalami perubahan dimana sebelum tahun 2001 disebut Prajurit Kepala atau Praka. Pangkat Bharaka di gambarkan dengan tiga garis miring berwarna merah.

Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)

ajun brigadir polisi dua
sahabatnesia.com

Ajun Brigadir Polisi Dua adalah pangkat yang lebih tinggi di atas bharaka. Pangkat kepolisian ini juga mengalami perbahan bahkan hingga dua kali ubah. Nama pertamanya adalah Kopral Kepala, nama ini sama seperti di kemiliteran Indonesia yang merupakan militer terbaik di dunia.

Abripda atau Ajun Brigadir Polisi Dua ini adalah pangkat paling bawah dalam kelompok Ajun Brigadir, Abripda dilambangkan dengan garis berbentuk lima romawi terbali berwarna merah.

Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)

ajun brigadir polisi satu
sahabatnesia.com

Selanjutnya, di atas pangkat Abripda ada pangkat Abriptu atau Ajun Brigadir Polisi Satu. Pangkat ini juga berubah sejak mengalami perubahan di kepolisian dari kopral satu menjadi Abriptu. Dilambangkan sama seperti pangkat Abripda namun dua garis yaitu angka lima romawi terbalik dengan warna merah sebanyak dua garis.

Ajun Brigadir Polisi (Abripol)

pangkat ajun brigadir polisi
sahabatnesia.com

Selanjutnya, pangkat dalam tamtama adalah Ajun Brigadir Polisi yang merupakan pangkat di atas Abriptu. Nama pangkat polisi ini juga sudah mengalami perubahan hingga dua kali. Nama awalnya adalah kopral kepala dan ini termasuk dalam militer terbaik dunia.

Selanjutnya, dalam eksistensinya, pangkat ini berubah menjadi Bhayangkara Utama 1. Ini adalah pangkat tertinggi di kelas tamtama POLRI, namun masih di bawah bintara kepolisian. Berikut kita lihat Pangkat BINTARA di kepolisian Republik Indonesia.

Pangkat Polisi Bintara

Setelah kita tahu pangkat kepolisian di Tamtama sekarang kita lihat pangkat di Bintara. Bintara adalah prajurit polisi yang terdepan dalam pelayanan masyarakat. Dalam hal ini, masyarakat yang memerlukan pelayanan dari kepolisian bisa di katakan mereka selalu berhadapan dengan bintara. Layanan ini bisa berupa melaporkan perkara, mengurus SIM kendaraan atau menanyakan jalan. Bintara termasuk tulang punggung kemiliteran yang menghubungkan sisi operasional antara tamtama POLRI dengan perwira POLRI.

Untuk merekrut aparat yang profesional, pelatih dari kepolisian adalah dari bintara. Beberapa pangkat yang berada dalam kelompok bintara adalah Brigadir Polisi Dua (Bripda), Brigadir Polisi Satu (Briptu), Brigadir Polisi (Brigpol) dan Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Brigadir Polisi Dua (Bripda)

brigadir polisi dua
Pangkat polisi Republik Indonesia

Pangkat terendah di bintara adalah Bripda atau Brigadir Polisi Dua. Sebelumnya, nama ini disebut sersan dua polisi, bripda dalam kemiliteran memiliki posisi yang sama dengan sersan dua dalam militer.

Brigadir Polisi Satu (BRIPTU)

brigadir polisi satu

Ini adalah pangkat bintara yang lebih tinggi di atas Bripda. Briptu dikemiliteran disebut dengan sersan satu. Sebelum ada perubahan di kepolisian, nama pangkat briptu adalah sama seperti di militer Indonesia yang merupakan pasukan terbaik didunia yaitu sersan satu polisi.

Brigadir Polisi (Brigpol)

brigadir polisi

Brigadir polisi adalah pangkat di atas briptu di dalam Bintara. Brigadir polisi memiliki tugas yaitu memastikan bahwa pangkat brigadir polisi dua dan satu telah menjalankan tugasnya dengan baik, konsisten dan tertib.

Nama pangkat polisi ini juga telah berubah, dimana sebelumnya di sebut sersan kepala polisi dan lambangnya adalah tiga garis seperti angka lima romawi terbalik dengan warna perak.

Baca juga: [Sampah Organik dan Anorganik]

Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

brigadir polisi kepala

Ini adalah Brigadir Polisi Kepala atau disingkat dengan Bripka, merupakan pangkat bintara di atas bripda, briptu, brigpol. Bripka bertugas untuk melakukan control dan mengawasi semua kerja brigadir yang ada di bawahnya.

Sebelum ada peubahan, pangkat bripka ini sebut sersan mayor dan kemudian tahun 2011 di ubah menjadi Bripka. Ini adalah beberapa pangkat polisi bintara. Selanjutnya, di atas bintara ada yang namanya bintara tinggi dan memiliki beberapa tingkatan pangkat. Berikut ulasannya.

Pangkat Polisi Bintara Tinggi

Bintara Tinggi POLRI adalah pangkat kepolisian yang berada di bawah perwira pertama dan di atas Bintara. Dalam bintara tinggipun ada beberapa pangkat seperti Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) dan Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu).

Bintara tinggi memiliki tugas yang tak kalah penting dengan perwira karena mereka adalah perpanjangan tangan langsung dari perwira dan siap melaksanakan tugas apapun dari perwira. Bintara tinggi selalu di tuntut untuk bisa mengeuasai lapangan, pengembangan diri, kesiapan moral, mental dan ilmu pengetahuan untuk bisa menjalankan tuguas dan pekerjaan dalam satu misi tertentu. Berikut kita lihat pangkat dalam Bintara Tinggi:

Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Ajun Inspektur Polisi Dua

Ajun Inspektur Polisi Dua di perintahkan membantu letnan dua. Lambang pangkatnya adalah seperti huruf V terbali namun terhubung seperti ombak laut dan berwarna perak.

Ajun Inspektur dua adalah Bintara tinggi atau senior dari Bintara, maka ia harus bisa memberikan contoh kepawa bawahannya yaitu para bintara. Jika para bintara tidak ada arahan dari Bintara Tinggi maka rata-rata para bintara yang notabenanya masih mudah-muda akan akan kehilangan arah dalam menghadapi konflik baik internal atau eksternal.

Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

ajun inspektur polisi satu
Pangkat polri, Ajun Inspektur Polisi Satu

Ini adalah pangkat di atas Ajun Inspektur Polisi dua. Jika Aipda bertugas membantu letnan dua maka Aiptu bertugas membantu letnan satu. Lambang pangkat mereka sama-sama berbentuk huruf V terbali yang terhubung seperti ombak namuj untuk Aiptu berjumlah dua, warnanya perak.

Para Ajun Inspektur Polisi harus memiliki keahlian tertentu sehingga bisa menjalan tugas dengan baik, efisien, tepat dan fokus.

Pangkat Polisi Perwira Pertama

Perwira adalah salah satu pangkat tertinggi dalam kepolisian Republik Indonesia. Namun dalam pangkat ini ada tiga tingkatan yaitu Perwira Pertama, Perwira Menengah dan Perwira Tinggi.

Selanjutnya, perwira pertama ini terbagi kepada Senior Inspektur Polisi, Inspektur Polisi Tinggi dan Inspektur Polisi Dua. Yang termasuk dalam perwira Polisi pertama adalah Inspektur Polisi Dua (Ipda), Inspektur Polisi Satu (Iptu) dan Ajun Komersaris Polisi (AKP).

Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Inspektur Polisi Dua

Jenjang selanjutnya dalam kepolisian setelah Bintara Tinggi adalah Perwira dan disini ada Ipda dan di bantu oleh AIpda. Pangkatnya adalah satu balok berwarna emas.

Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Inspektur Polisi Satu

Iptu akan di perbantukan oleh Aiptu atau Ajun Inspektur Polisi Satu. Nama kemiliteran Iptu adalah Letnan satu atau jenjang di atas letnan dua. Sementara pangkat Iptu sama dengan pangkat Ipda hanya saja Iptu memiliki dua balok berwarna emas.

Ajun Komersaris Polisi (AKP)

Ajun Komersaris Polisi
Pangkat polisi perwira

Pangkat selanjutnya dalam perwira adalah Ajun Komisaris Polisi atau disingkat dengan AKP. Akp adalah menjadi senior bagi perwira-perwira di bawahnya. Jika komisaris tadi menjabat sebagai letnan, maka AKP ini adalah kapten. Tugas AKP tetap sama yaitu mengontrol bawahannya dan pangkatnya tiga balok berwarna emas.

Pangkat Polisi Perwira Menengah

Pangkat perwira menengah adalah pangkat yang lebih tinggi dari perwira pertama dan lebih rendah dibandingkan dengan perwira tinggi. Pada jenjang perwira menengah ada Senior Superentenden, Superentenden dan Asisten Superentenden.

Beberapa jenjang dalam tingkat ini adalah Komisaris Polisi (Kompol), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan Komisi Besar Polisi (Kombes Pol).

Komisaris polisi (kompol)

Komisaris polisi

Komisaris polisi atau disingkat dengan KOMPOL adalah pangkat terendah dalam perwira menengah. Tugas daripada kompol adalah sebagai pembantu Ajun Komisaris Besar Polisi yang tingkatnya di atas perwira pertama. Pangkat komisaris polisi di lambangkan dengan satu bunga berwarna emas atau mutiara. Pangkat ini disebut juga dengan pangkat mayor dalam militer.

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Ajun Komisaris Besar Polisi

AKBP saat bertugas dibantu oleh KOMPOL atau komisaris polisi, dan pangkat ini disebut dengan Superintendent sebelum tahun 2011 dan kemudian setelahnya dirubah menjadi AKBP.Ajun komisaris besar polisi ini memiliki atasannya yaitu Kombes Pol atau Komisaris Besar Polisi. AKBP memiliki pangkat dengan lambang dua biji diamond atau bunga berwarna emas.

Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

Komisaris Besar Polisi
Komisaris Besar Polisi, pangkat polisi

Ini adalah pangkat tertinggi dalam perwira menengah. Sebelumnya pangkat ini juga disebut dengan Kolonel yaitu sama dengan dalam militer lainnya. Ajun komisaris besar polisi di lambangkan dengan tiga mutiara berwarna emas.

Pangkat Polisi Perwira Tinggi

Perwira tinggi adalah pangkat polisi yang terakhir atau bisa di katakan bahwa jabatan tertinggi dalam karir kepolisian Republik Indonesia adalah perwira tinggi. Dalam perwira tinggi ini ada beberapa jabatan yaitu Jendral Polisi, Komisaris Jendral Polisi, Inspektur Jendral Polisi (Komjen Pol) dan Jendral Polisi (Jendral Pol).

Sementara golongan yang termasuk dalam perwira tinggi polisi adalah Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol), Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol), Komisaris Jendral Pol (Komjen Pol) dan Jendral Polisi (Jendral Pol).

Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol)

pangkat brigadir jendral polisi
thegorbalsla.com

Brigadir jendral polisi adalah pangkat dibawah inspektur jendral polisi dan di atas dari pangkat perwira menengah. Pangkat jendral ini dilambangkan dengan bintang satu emas. Polisi memiliki tanggung jawab dalam menangani beberapa kasus pelanggaran HAM termasuk didalamnya adalah konflik yang terjadi di horizontal. Seorang brigadir berbintang satu wajib memastikan apakah brigadir satu dan dua sudah menjalankan tugasnya dengan tertib dan jelas atau tidak.

Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol)

pangkat inspektur jendral polisi
thegorbalsla.com

Selanjutnya ada pangkat kepolisian di atas brigadir jendral pol yaitu inspektur jendral polisi, pangkat ini sama dengan mayor jendral dalam militer yang membawahi brigadir jendral. Irjen Pol memiliki pangkat yang di lambangkan dengan dua bintang emas.

Komisaris Jendral Pol (Komjen Pol)

pangkat komisaris jendral polisi
thegorbalsla.com

Selanjutnya, dalam jabatan sebagai perwira tinggi yang merupakan pangkat tertinggi dalam kapolri adalah Komjen Pol atau komisaris jendral polisi. Jendral ini membawahi dua pangkat di bawahnya yaitu Brigadir Jendral dan Inspektur Jendral Polisi. Pangkatnya dilambangkan dengan tiga bintang emas.

Jendral Polisi (Jendral Pol)

pangkat jendral polisi
thegorbalsla.com

Pangkat terakhir dalam kepolisian adalah perwira tinggi dan didalamnya ada golongan terakhir yaitu jendral polisi dan ini adalah pangkat tertinggi di kepolisian republik Indonesia. Jabatan ini di Indonesia saat ini di pegang oleh Tito Karnavian dimana jabatan terkahir ia adalah sebagai Kepala Badan penanggulangan terorisme Indonesia. Namun tak hanya ia saja yang menyandang empat bintang emas di bahunya melainkan ada satu lagi jendral polisi tertinggi di Indonesia yaitu pak Budi Gunawan.

Demikian ulasan panjang lebar tentang pangkat polisi di Republik indonesia, semoga menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi semuanya.